Gus Yaqut: Ansor Jawa Tengah Terbaik Se Indonesia

0
521
Ketua Umum PP GP Ansor H Yaqut Cholil Quomas memakai sarung saat melaunching Sarung Ansor dalam Pembukaan KOnferwil Ansor Jateng, di GPU Kajen Kab Pekalongan, Minggu (12/11).

Pekalongan, nujateng.com- Ketua Umum PP GP Ansor H Yaqut Cholil Qoumas atau akrab disapa Gus Yaqut, memberikan apresiasi terhadap hasil kinerja PW GP Ansor Jateng sejak 2014 lalu. Pada periode ini ada satu Pimpinan Anak Cabang (PAC) Kecamatan Garung Kabupaten Wonosobo, sebagai yang terbaik se Jawa Tengah, bahkan se Indonesia.

“Dari PP Ansor kita berikan reward RP 25 juta. Uang tersebut untuk pembinaan dan mengembangkan organisasi di PAC Garung. Semoga bermanfaat dan bisa membuat lebih semangat,” kata Gus Yaqut.

Apresiasi untuk PW GP Ansor Jateng, karena dari hasil akreditasi ternyata mampu meraih angka 69 persen. Hasil ini terhitung paling tinggi secara nasional.

“Ansor Jateng sangat luar biasa. Kalau saya boleh menilai, di antra 34 Pimpinan Wilayah se Indonesia yang terbaik adalah Ansor Jawa Tengah,” ungkapnya disambut ribuan kader Ansor dan Banser yang hadir dalam acara ini.

Gus Yaqut berharap, ke depan angka 69 persen harus bisa ditingkatkan hingga maksimal, yakni 100 persen. Ia juga yakin di kepengurusan PW Ansor Jateng berikutnya, prestasi yang diraih akan lebih baik dari periode saat ini.

“Kita berikan predikat Khusnul Khotimah untuk periode sekarang. Saya jadi saksi Ansor Jateng jauh maju dibanding Ansor kepengurusan sebelumnya, bukan membandingkan tapi faktanya demikian. Buktinya 69 persen PAC di Jateng aktif,” ungkapnya.

Ketua PW GP Ansor Jateng, Ikhwanudin mengatakan, dari hasil akreditasi tercatat ada 397 PAC yang terverifikasi dari 573 Kecamatan di Jateng atau sekitar 69 persen. Jumlah tersebut meningkat drastis mencapai 133 PAC dari akreditasi Konferwil 2014 lalu.

Secara rinci, ada 21 PAC mendapat nilai D, 25 PAC mendapat nilai C, 268 PAC mendapat nilai B, 82 PAC mendapat nilai A-. “Satu PAC nilai sempurna yaitu PAC Kecamatan Garung Kabupaten Wonosobo. Karena memenuhi semua kriteria akreditasi yang dilakukan,” katanya.

Sementara untuk Pimpinan Cabang (PC), dari 35 kabupaten/kota yang terakreditasi ada 28 PC. Selebihnya sampai batas akhir penyerahan berkas ada yang belum menyampaikan.

“Kami berharap, pekerjaan yang belum tuntas di periode kami maka menjadi pekerjaan rumah periode berikutnya,” kata Ikhwan.

Merasa Bangga
Di akhir masa jabatannya, Ikhwan menyampaikan, dirinya bersyukur dan bangga telah diberi kesempatan bergabung di Ansor sebuah organisasi yang damai, toleran yang menjunjung tinggi silaturahmi, kebersamaan, kesamaan, dan akhlakul karimah.

“Kami sampaikan terimakasih pada semua kader Ansor di semua tingkatan atas dedikasi, loyalitas, motivasi, partisipasi aktifnya dalam menjalankan roda organisasi. sehingga Ansor selalu bergerak menyebarkan semangat nilai Islam rahmatan lil alamin, aqidah Aswaja dan menjaga keutuhan NKRI,” tuturnya.

Ikhwan juga berpesan, untuk pimpinan dan pengurus baru agar tetap istiqomah dan bergerak dalam kebersamaan dan persahabatan, menjadi organisasi yang bersemangat memberikan manfaat bagi umat untuk kejayaan Islam dan bangsa Indonesia berdasar Pancasila. [AR/002]