Wajah Pesantren, Wajah Indonesia

0
470
Logo resmi Hari Santri 2017 oleh Kementerian Agama RI

Jakarta, nujateng.com- Pesantren merupakan lembaga pendidikan keagamaan Islam yang asli tumbuh dan berkembang dari rahim rakyat Indonesia. Pesantren memiliki andil yang sangat besar terhadap perjalanan sejarah bangsa hingga sekarang.

Peran besar pesantren salah satunya ikut dalam memoles wajah Islam Indonesia dengan nilai nilai pesantren yang sesuai dengan karakter asli bangsa Indonesia yakni religius, ramah, santun, kekeluargaan, dan menghargai keragaman. Oleh karenanya tema besar Hari Santri Tahun 2017 yang diusung oleh Kementerian Agama Republik Indonesia adalah “Wajah Pesantren Wajah Indonesia”.

Tema ini dipilih dengan beberapa alasan; Pertama, pesantren adalah miniatur Indonesia. Di lembaga pendidikan keagamaan Islam inilah bertemu keanekaragaman budaya santri yang berasal dari berbagai daerah bahkan bangsa yang berbeda.

Kedua, pesantren disamping membekali ilmu agama (tafaqquh fi ad-din) juga membekali santrinya bagaimana hidup bermasyarakat dan berinteraksi dengan orang lain melalui pergaulan dari berbagai latarbelakang budaya.

Ketiga, pesantren berkontribusi besar terhadap munculnya semangat dan nasionalisme keindonesiaan yang tidak terbantahkan dalam rentang sejarah perjalanan bangsa Indonesia.

Keempat, para kyai-nyai-santri Indonesia terkenal akan keterbukaan pemikirannya yang moderat, toleran dan egaliter, sehingga membuka ruang diskursus yang ketat, tidak kaku dan jumud dalam pemikiran keagamaan maupun lainnya.

Jadi mengusung tema “Wajah Pesantren Wajah Indonesia” karena pesantren tidak bisa dipisahkan dari fenomena Keislaman, Keindonesiaan dan Kebudayaan masyarakat Indonesia. Kekhasan inilah yang menjadi kekuatan untuk menopang keutuhan dan kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Beberapa rangkaian kegiatan yang akan dihelat oleh Direktorat Pendidikan Diniyah Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama RI dalam memperingati Hari Santri Tahun 2017 diantaranya dengan menyelenggarakan Lomba Komik dan Kartun Strip, Malam Pembacaan Puisi Hari Santri “Ketika Kiai-Nyai-Santri Berpuisi: Pesantren Tanpa Tanda Titik”, Santri Enterpereneur Competition, Shalawat Kebangsaan dan Konfigurasi MOP Santri untuk Negeri, Pemecahan Rekor MURI Komik Santri Terpanjang (300 M), Upacara Bendera dalam Rangka Hari Santri, Santri Writer Summit, Pesantren Expo dan Musabaqah Qira’atil Kutub (MQK) Nasional VI. [SN/002]