PW Lakpesdam Sokong Penuh nujateng.com

0
243
Penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) antara PW Lakpesdam NU Jawa Tengah dengan redaksi nujateng.com. Foto: Abdus Salam

Semarang, nujateng.com – Pengurus Wilayah Lembaga Kajian dan Pengembangan Sumberdaya Manusia (Lakpesdam) Nahdlatul Ulama Jawa Tengah mendukung penuh upaya diseminasi paham moderatisme Islam melalui website nujateng.com. Website yang dikelola oleh para pegiat media sosial nahdliyyin Jawa Tengah ini terus menerus menebarkan paham moderat di tengah gempuran media konservatif yang berpotensi memecah persatuan umat.

Tekad tersebut mengemuka saat pertemuan sekaligus penandatanganan nota kerjasama antara PW Lakpesdam dengan redaksi nujateng.com yang berlangsung di kantor PWNU Jateng, Senin (17/7/2017). Tedi Kholiludin, Sekretaris PW Lakpesdam menyampaikan bahwa warga NU sudah semestinya masuk di arena kontestasi ide yang lebih luas. Mengingat, teknologi kerap dimanfaatkan oleh mereka yang tidak terlalu memiliki otoritas dalam ilmu agama.

“Saya kira, ruang kontestasi di media online sudah sangat terbuka. Dan warga nahdliyyin saatnya menjadi bagian dari pertarungan tersebut. Kita melihat betapa lalu lintas info di media sosial begitu riuh. Kerapkali filternya gak berjalan baik. Makanya butuh sumber berita yang mumpuni,” terang doktor sosiologi agama tersebut.

Sementara Khoirul Anwar, Redaktur Pelaksana nujateng.com menilai bahwa kontestasi di media online memang lebih memerlukan kecepatan sekaligus kecermatan. “Sebarannya kan sangat cepat. Nah, jika kita tidak memiliki sumber yang terverifikasi, maka kita akan mengkonsumsi yang tidak berkualitas. Dengan segala keterbatasan, kami mencoba untuk menjadi sumber berita yang terpercaya,” terang Khoirul.

Meski baru tiga tahun berkiprah, Khoirul menambahkan, media yang dikelolanya mula-mula hanya memberitakan aktivitas warga nahdliyyin di Jawa Tengah. “Sekarang, kami tak hanya mengabarkan kegiatan, tapi juga berdialektika dan berwacana. Ada rubrik yang kami khususkan untuk melakukan telaah yang agak substansial terhada pelbagai masalah dari sudut pandang fiqih, tasawwuf dan lainnya,” ungkapnya.

Tedi berharap dukungan dan kerjasama lembaganya dengan keredaksian nujateng.com akan semakin menambah kualitas dan menjadi instrumen bagi keberlanjutan media-media yang ada di lingkungan warga NU. (Abdus Salam/003)