Pengajian Jumat Sore

0
164

Oleh: Khoirul Anwar
(Koordinator Pengajian Jumat Sore nujateng.com)

nujateng.com, media nahdliyin Jawa Tengah mulai hari Jumat 4 Agustus 2017 akan menyelenggarakan pengajian kitab Minhâjul ‘Âbidîn karya Imam Abu Hamid Al-Ghazali yang akan diasuh oleh Rais Syuriah Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) Jawa Tengah, KH Ubaidullah Shodaqoh.

Gagasan untuk menyelenggarakan pengajian di kantor NU yang beralamat di Jalan Dr Cipto 180 Kota Semarang ini sebenarnya sudah sangat lama, namun karena ada banyak hal pengajian ini insyaallah baru akan dimulai pada hari Jumat 4 Agustus 2017 yang akan datang mulai pukul 16.30 – 17.30 WIB.

Ada banyak alasan kenapa nujateng.com terdorong untuk menyelenggarakan forum yang biasanya hanya ada di pondok pesantren, antara lain:

Pertama; di Kota Semarang ada banyak “santri yang sedang kuliah”, baik di kampus swasta maupun negeri, “kampus umum” maupun “kampus agama”. Melalui pengajian kitab, nujateng.com ingin memfasilitasi para santri yang kuliah supaya bisa tetap mengaji kepada kiai serta menemukan tradisinya di tengah hiruk pikuk kota.

Kedua; sistem pengajian yang akan diselenggarakan tidak hanya membacakan “makna pesantren” atau biasa disebut “makna gandul”, tapi akan ada terjemah kosa-kata, terjemah arti yang dikehendaki (makna murâd), serta penjelasan-penjelasan yang berkaitan dengan pembahasan. Sistem seperti ini menjadikan pengajian sangat penting diadakan supaya masyarakat secara umum bisa ikut serta berpartisipasi. Pengajian dibuka untuk umum, mau membawa kitab yang dijadikan materi atau tidak dipersilakan. Harga kitabnya murah, cuma 10 ribu rupiah. Bagi yang berminat silakan hubungi Abdus Salam (CP 0822 2512 9241).

Ketiga; pengajian ini sengaja diselenggarakan setiap Jumat sore dengan harapan forum ini tidak hanya menjadi “ruang belajar”, tapi juga “media silaturrahim” antar santri, pengurus NU, lembaga serta Banom NU, nahdliyin dan masyarakat secara umum. Karena itu, kalau ada yang merasa sudah berulangkali mengkhatamkan atau bahkan hafal kitab Minhâjul ‘Âbidîn tidak akan rugi jika tetap berangkat.

Akhirnya, mari kita hadiri bersama forum yang sangat baik ini. Semoga KH Ubaidullah Shodaqoh atau akrab disapa “Mbah Bed” selalu diberi kesehatan, sehingga bisa membimbing dan memandu pengajian yang akan berlangsung setiap Jumat Sore.