KH. Said Aqil: Kyai Kampung Punya Kontribusi Membangun Karakter Bangsa

0
709
KH Said Aqil Siradj dan Mustasyar PBNU, KH Maimun Zubair beserta Bupati Rembang, Abdul Hafidz saat melakukan peresmian masjid Al Amin Pamotan, Kabupaten Rembang. Foto: Dokumentasi

Rembang, nujateng.com – Kyai kampung yang ceramah di mushola dan majelis taklim itu punya andil dan memberikan kontribusi membangun karakter bangsa, kerukunan dan gotong royong itu sebagai budaya, yang tidak lepas dari kontribusi para ulama.

Hal tersebut disampaikan Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU), KH Said Aqil Siradj saat memberikan ceramah di acara peresmian masjid Al Amin, Desa Pamotan, Kecamatan Pamotan, Kabupaten Rembang, Selasa (17/16).

“Jangan dikira kyai tidak punya andil, apa yang disampaikan saat ceramah; ‘sing akur (yang rukun), yang solih, ojo tukaran (jangan bertengkar), ojo konflik (jangan konflik), sing apik (yang bagus) dan gotong royong, itu Kyai sedang membangun karakter dan budaya bangsa,” terangnya.

Kyai Said juga mencontohkan, meski di Timur Tengah hampir seluruh masyarakatnya Islam, namun yang menyebabkan terjadinya gejolak adalah ambruknya jati diri umat Islam.

“Akidah dan syariatnya Islam, tapi tidak memiliki ketahanan menerima arus era globalisasi karena jati diri umat Islam di Timur Tengah ambruk,” tandasnya.

Pada kesempatan tersebut,  KH Said Aqil Siradj dan Mustasyar PBNU, KH Maimun Zubair beserta Bupati Rembang, Abdul Hafidz, meresmikan masjid besar Al Amin yang sudah selesai masa pembangunannya. Perbaikan masjid tersebut, memakan waktu sekitar 10 tahun. [Abdus Salam/003]