Cucu Syekh Abdul Qodir Al Jilani : Gunakan Waktu Sebaik Mungkin untuk Mencari Ilmu

0
1229
Al Habib As Sayyid Amin bin Muhammad bin Ali Al Hasaniy memberikan tausiyah dalam acara Jalsah Mubarokah. Foto: Abdus Shomad

Demak, nujateng.com – Pondok Pesantren Futuhiyyah Kecamatan Mranggen, Kabupaten Demak menyelenggarakan kegiatan Jalsah Mubarokah bersama Al Habib As Sayyid Amin bin Muhammad bin Ali Al Hasaniy dari Lebanon, beliau adalah cucu dari As Sayyidi Asy Syaikh Abdul Qodir Al Jilani, Ahad (27/3).

Kegiatan tersebut dilaksanakan di Masjid An Nur Pondok Pesantren Futuhiyyah, dan diikuti oleh santri, kiyai dan pengasuh yang ada di lingkungan Pondok Pesantren.

Dalam Mauidhohnya,  Al Habib As Sayyid Amin bin Muhammad bin Ali Al Hasaniy mengajak kepada hadirin untuk menggunakan waktu sebaik-baik mungkin, untuk mencari ilmu, beribadah, beramal sholeh, aktivitas yang bermanfaat pada orang lain, dan lain sebagainya. Beliau menjelaskan tentang kandungan surat Al Mujadilah ayat 11, bahwasanya Allah akan mengangkat derajat orang yang beriman sekaligus orang yang berilmu.

“Ada hukum yang sifatnya fardu ‘ain (wajib bagi setiap orang) yaitu ilmu tentang syari’at, dan juga ada hukum mencari ilmu yang sifatnya fardu kifayah (wajib bagi sebagian orang) seperti halnya ilmu kedokteran, ilmu perbintangan,” jelasnya.

Pada kesempatan tersebut Al Habib As Sayyid Amin memberikan ijazah secara umum untuk mengamalkan bacaan tahlil (La ilaha illah) 100 kali, istighfar 100 kali dan sholawat 100 kali setiap pagi dan sore.

“Harapannya kita senantiasa dapat mencari ilmu di manapun berada dan dalam keadaan bagaimanapun, mengingat pentingnya sebuah ilmu,” ujarnya.

Kegiatan seperti ini bukan pertama kali mendatangkan ulama dari Timur Tengah, karena sebelumnya pernah hadir cucu Syekh Abdul Qodir Al Jilani, yaitu Asy Syaikh As Sayyid Muhammad Asyrof Kalim Asyrof Al Jilani dan Asy Syaikh As Sayyid Jamal Asyrof Asyrofi Al Jilani dari India, dan juga Syekh Muhammad Fadhil Al Jilani dari Turki. [Abdus  Shomad/003]