Antusias Masyarakat Melakukan Melihat dan Sholat Gerhana

0
663
Masyarakat Sholat gerhana matahari di halaman Masjid Agung Jawa Tengah. Foto: Abdus Salam

 

Semarang, nujateng.com-  Ribuan masyarakat muslim berduyun-duyun menuju Masjid Agung Jawa Tengah (MAJT) untuk mengikuti sholat gerhana matahari total dan ikut menyaksikan gerhana. Sejak pukul 05.00 kawasan MAJT sudah ramai oleh masyarakat Semarang dan sekitarnya.

Tidak hanya warga sekitar, para ulama se Jawa Tengah yang sedang mengikut Musyawarah Daerah ke 9, juga antusias melihat fenomena alam yang langka ini. Proses pelaksanaan sholat gerhana dimulai dengan seremonial menyanyikan lagu Indonesia raya dan beberapa pejabat penting lainnya.

Anggota Majelis Ulama Indonesia (MUI) Jateng, Muhibin, dalam sambutannya mengucapkan terima kasih kepada panitia yang sudah menyiapkan acara dengan baik.

“Ini peristiwa yang biasa, sebab dahulu ada kepercayaan yang salah, bahwa matahari menjadi gerhana dimakan buto, ini harus diakui, menyadari bahwa hamba masih banyak yang kurang,” katanya.

Muhibin, yang sekaligus Rektor UIN Walisongo,  juga menambahkan bahwa, perlu memberikan kesadaran yang lebih bermakna kepada masyarakat yang memberikan manfaat bagi masyarakat bersama.

“Semoga Allah memberikan kesadaran bagi kita,”tambahnya.

Panita juga membagikan kaca mata kepada para  masyarakat yang ingin melihat gerhana secara langsung. Meskipun tidak semua mendapatkan, tapi masyarakat  tetap mau berbagi untuk sekadar meminjamkan yang berada disampingnya. Khotib pada sholat gerhana yang dilaksanakan di Masjid Agung Jawa Tengah,  dipimpin oleh Noor Ahmad. [Abdus Salam/ 003]