Wujudkan Kemandirian Ekonomi, Ansor Kajen Launching BUMA

0
1931
Peresmian Badan Usaha Milik Ansor (BUMA) "Sahabat Komputer". Foto. Ali Mustofa

 

Pekalongan, nujateng.com- Pimpinan Anak Cabang Gerakan Pemuda Ansor (PAC GP Ansor) Kecamatan Kajen, Kabupaten Pekalongan melaunching Badan Usaha Milik Ansor (BUMA) “Sahabat Komputer” bertempat di lokasi Usaha Gedung Serba Guna MWC Nahdlatul Ulama Kecamatan Kajen, Jalan Pahlawan Rowolaku Kajen. Peluncuran BUMA ini sebagai wujud Ansor untuk mewujudkan kemandirian ekonomi, kemarin, Jumat,(26/2).

Launching BUMA ini merupakan rangkaian dari kegiatan Konferensi X PAC Gerakan Pemuda Ansor Kecamatan Kajen yang dilaksanakan selama satu hari penuh dengan agenda pokok untuk mengadakan evaluasi laporan perjalanan PAC Gerakan Pemuda Ansor Kecamatan Kajen masa khidmat  2013-2016 serta merumuskan pokok-pokok program dan kebijakan organisasi yang akan datang.

Menurut salah seorang fungsionaris Pengurus GP Ansor Kajen, Abdul Mu’id, pemberdayaan ekonomi menjadi salah satu program prioritas di Gerakan Pemuda Ansor yang muaranya adalah terwujudnya kemandirian organisasi dan kader Gerakan Pemuda Ansor.

“Karena itu Ansor sangat konsen untuk menggarap sektor ekonomi berbasis potensi kader dan kondisi lokal, salah satunya dengan mendirikan Badan Usaha “Sahabat Komputer” yang bergerak dibidang jasa servis dan maintenance komputer. Ke depan kami bercita-cita terwujud pusat bisnis Ansor sebagai pusat informasi, promosi sekaligus inkubasi bisnis Ansor,” jelasnya.

Doel Bae, sapaan akrab Abdul Muid, menambahkan bahwa untuk mendorong pemberdayaan ekonomi organisasi dan kader, GP Ansor Kajen telah melaksakan program-program riel antara lain melakukan pendataan potensi ekonomi kader, mendirikan Pusat Training Ansor berupa “LPK Nuansa Mandiri”, memberikan pelatihan inkubasi bisnis dengan penekanan pada pelatihan teknis maupun kewirausahaan juga melakukan fasilitasi dan pendampingan kelompok usaha bersama dibeberapa desa di Kecamatan Kajen.

“Harapannya ke depan organisasi dan kader Ansor semakin kuat, mandiri dan mampu bersaing di era global,” tandasnya.

Acara launching BUMA ditandai dengan pemotongan pita yang dilakukan oleh Ketua MWC NU Kajen, H. Saifuddin Zuhri dan disaksikan Muspika Kecamatan Kajen, segenap pengurus Badan Otonom NU di Kecamatan Kajen, tokoh masyarakat dan ratusan tamu undangan lainnya. [Alim Mustofa/003]