KH.Fuad Affandi Serukan Santri Jawa Hijrah ke Sunda

1
809
Fuad Affandi

 

Bandung, nujateng.com– Pengasuh Pondok Pesantren Al-Ittifaq, Kecamatan Rancabali Kabupaten Bandung, KH.Fuad Affandi baru-baru ini menyerukan kepada para santri di Jawa Tengah dan Jawa Timur untuk hijrah di Jawa Barat. Menurutnya, ada beberapa alasan penting dimasa sekarang agar para santri alumni pondok pesantren yang berada di Jateng dan Jabar (Jawa) itu hijrah di Jawa Barat (Sunda).

“Saya punya beberapa alasan untuk kemaslahatan bersama. Pertama, populasi santri di Jawa Timur dan Jawa Tengah itu sudah banyak. Di Jawa Timur pesantren merata. Di Jawa Tengah lumayan kuat. Sementara di Jawa Barat ini masih tergolong minim untuk sebuah populasi muslim terbesar dengan jumlah pesantren yang sedikit. Lihat saja data dari kementerian agama itu. Dari tahun ke tahun sama saja grafiknya. Karena itu Jawa Barat sebenarnya butuh alumni-alumni pesantren dari Jateng dan Jatim agar hijrah di Jabar,” tutur murid Mbah Maksum Lasem kepada nujateng.com, Senin (1/2).

Alasan lain yang mendorong pernyataan tersebut adalah bahwa di Jawa Timur dan Jawa Tengah banyak pesantren yang anak-anak kiainya berjubel. Terkadang pesantrennya tidak berkembang tetapi jumlah kiainya dari keturunan tersebut sudah sangat banyak, belum lagi ditambah menantu dan keturunannya yang muda-muda.

“Itu sudah sering over sehingga seharusnya hijrah. Tidak perlu semua Gus-Gus itu menetap di rumahnya hanya karena alasan mewarisi pesantren Abahnya. Selagi sudah cukup ada beberapa pewaris yang mengelola, maka tidak ada salahnya hijrah dengan niat yang tulus untuk mengamalkan ngelmunya. Mungkin di Jawa  Tengah atau Jawa Timur hanya jadi lapis kedua atau lapis ketiga, kalau pindah ke Jawa Barat bisa menjadi kiai nomor satu di masing-masing daerah,” terangnya memotivasi.[ Ferli Husain/003]