Belajar dari Semangat KH. Ahmad Muthohar

0
855
KH. Ahmad Muthohar

Demak, nujateng.com- Santri Pondok Pesantren Futuhiyyah, Mranggen, Kabupaten Demak melaksanakan kegiatan ziarah di makam KH. Ahmad Muthohar bin Abdurrohman yang terletak di komplek makam keluarga Pondok Pesantren Futuhiyyah. Kegiatan tersebut merupakan bagian dari agenda Haul KH. Ahmad Muthohar bin Abdurrohman yang ke 11 dan  diikuti oleh lebih dari 300 santri, Rabu (24/2).

Menurut salah satu ustad Pondok Pesantren Futuhiyyah, Abdus Shomad, KH. Ahmad Muthohar bin Abdurrohman merupakan salah satu pengasuh Pondok Pesantren Futuhiyyah. Semasa hidupnya beliau terkenal dengan keistiqomahannya, terutama istiqomah dalam hal jama’ah dan mengaji.

“Beliau senantiasa berpesan kepada para santri untuk senantiasa istiqomah, terutama dalam jama’ah dan mengaji. Beliau sering pesan dengan maqolah al Istiqomah khoirun min alfi karomah,jelasnya.

Lebih dalam, Shomad yang juga menjabat wakil kepala pondok menceritakan, dalam hal jama’ah semasa beliau sakit dan tidak kuasa untuk jalan kaki menuju ke masjid yang ada di komplek pesantren, beliau mendatangi masjid dengan menggunakan kursi roda dan didorong oleh santri. Hal itu semata-mata karena ingin melaksanaan sholat jama’ah di masjid dengan para santri. Dan itu berjalan beberapa tahun sampai akhir hayatnya. Kemudian dalam hal mengaji, semasa sakit tak kuasa untuk duduk dalam mengaji, beliau mengaji dalam keadaan berbaring di mihrab/ tempat pengimaman. Kemudian para santri duduk mendekat mengelilingi beliau. Dan itu juga berjalan beberapa tahun sampai akhir hayatnya.

“Harapannya kita sebagai santri kita senantiasa untuk bisa meneladani beliau, terutama istiqomah dalam hal jama’ah dan mengaji,” tuturnya kepada para santri.

Kegiatan ziarah kubur tersebut diawali dengan pembacaan qoshidah ziarah kubur, dilanjutkan dengan pembacaan tahlil, kemudian pembacaan surat yasin serta diakhiri dengan do’a. [Imam Fitri Khosyi’i/003]