Pelatihan Muharrik, Perkuat Organisasi Takmir Masjid

0
1009
Pelatihan Muharrik Masjid se-Kabupaten Tegal. Foto: Zaki Mubarok.

Tegal, nujateng.com-Bertempat di Masjid Almuttaqin Desa Kaliwadas, Kecamatan Adiwerna, Kabupaten Tegal, PC NU Kabupaten Tegal menyelenggarakan pelatihan Muharrik Masjid se-Kabupaten Tegal, Minggu (10/1).

Pelatihan Muharrik ini diikuti ratusan takmir masjid se-Kabupaten Tegal. Pelatihan ini bertujuan menguatkan kapasitas ketakmiran masjid dan peran sosial masjid di tengah masyarakat. ratusan peserta terlihat antusias mengikuti pelatihan.

Abdul Manan A. Gani selaku Ketua PB NU, menegaskan bahwa masjid-masjid yang telah dibangun oleh masyarakat NU hendaknya dijaga dari pengaruh yang tidak sejalan dengan ideologi Negara Kesatuan Republik Indonesia. Tidak bisa dipungkiri masjid-masjid tersebut sejak dahulu, dalam sejarahnya, telah banyak berkontribusi dalam meciptakan harmoni masyarakat. Karenanya masjid harus memiliki basis kekuatan organisasi ketakmiran dalam pengelolaannya.

Selain itu, KH. Abdul Manan A. Gani menambahkan pasca reformasi, pintu demokrasi terbuka lebar dan berakibat munculnya ideologi-ideologi yang berseberangan dengan NU dan NKRI terus bergerak berusaha merebut masjid NU untuk dijadikan basis perjuangan.

“Masjid yang didirikan oleh orang-orang NU harus dilindungi, agar jangan direbut golongan lain,” tegasnya.

Untuk itu, harap dia, arahan PB NU pengurus masjid harus mampu mengorganisir masjidnya dengan baik dan benar serta diramaikan dengan berbagai kegiatan sosial keagamaan. Ketika masyarakat membutuhkan pemenuhan hajat hidup, masjid mampu menyediakannya sebagaimana tema pelatihan yang diusung.

“Dari rumah-Nya kita makmurkan bumi-Nya,” pungkasnya. [Zaki Mubarok/003]