Siswa SD Se Jateng Nyantri di Al Falah Salatiga

0
893
Dari Kiri: K. Maksum, Kabid Pendidikan Agama Islam Kanwil Kemenag Jateng Dr. Syaifudin Zuhri, Direktur eLSA Dr. Tedi Kholiludin, Kasie SD/SDLB Dra. Hj. Afifatun, dan Pengasuh Pondok Pesantren Tarbiyatul Islam (PTI) Al Falah Ibu Nyai Hj Latifah Zoemri saat menyanyikan lagu Indonesia Raya dalam pembukaan ‘Pesantren Kilat Untuk Siswa SD Se Jateng, Jumat (4/12). [Foto: Evie Yunianti]

Salatiga, nujateng.com- Kementerian Agama (Kemenag) RI bekerjasama dengan Lembaga Studi Sosial dan Agama (eLSA) mengadakan pesantren kilat untuk siswa siswi Sekolah Dasar (SD) di Jawa Tengah dengan tema ‘Meningkatkan Pemahaman Keagamaan Bagi Siswa SD di Jawa Tengah’ di Pondok Pesantren Tarbiyatul Islam (PPTI) Al Falah Salatiga, Jumat-Minggu (4-6/12).

Dalam kegiatan yang diikuti 150 siswa SD dari Kabupaten Grobogan, Kabupaten Semarang, dan Kota Semarang ini para peserta diberi pendidikan tentang ajaran-ajaran dasar agama Islam yang biasa diajarkan di pondok pesantren.

Ketua panitia penyelenggara Khoirul Anwar, menuturkan, maksud dari kegiatan ini selain untuk memberi pelajaran tentang ajaran Islam yang bersifat praktis, yakni ibadah sehari-hari juga memperkenalkan tradisi belajar dan mengajar agama Islam yang dipraktikkan di pondok pesantren.

“Pesantren kilat ini bertujuan memperdalam wawasan siswa tentang pengetahuan agama. Di tempatkan di pondok pesantren supaya siswa siswi SD dapat menyaksikan langsung aktivitas di pondok pesantren, ada sholat berjamaah, ada ngaji, sekolah, dan yang lainnya. Selain itu siswa juga dapat melihat akhlak para santri secara langsung, hormat kepada kiainya atau guru, hormat kepada yang lebih sepuh, dan sebagainya,”  jelasnya.

Selama kegiatan berlangsung, peserta pesantren kilat membaur menjadi satu dengan santri dan santriwati pondok pesantren Al Falah, sehingga semua peserta dapat merasakan langsung kehidupan di dalam pondok pesantren. “Saya baru kali ini masuk ke lingkungan pesantren, dan ternyata tempatnya nyaman, bagus dan suasananya juga tenang,” kata Itsna peserta pesantren kilat dari SD Cebongan 3 Salatiga. [Evie Yunianti/002]