PCNU Jepara Sosialisasikan AHWA

0
541
PCNU Jepara Sosialiasasikan Ahwa dalam Konfercab yang akan digelar. Foto: Anshori

Jepara, nujateng,com- Menjelang pelaksanaan Konferensi Cabang (Konfercab) Nahdlatul Ulama Kabupaten Jepara ke-31 pada Nopember nanti, PCNU mengadakan sosialisasi pelaksanaan ahlul halli wal aqdi (AHWA) untuk menentukan dan menetapkan Rais Syuriyah.

Ketua PCNU Jepara, H. Asyhari Syamsuri  dihadapan 10 MWC yang hadir dalam sosialisasi mengatakan, mekanisme AHWA adalah model musyawarah mufakat yang ditetapkan pada Muktamar NU ke-33 di Jombang Agustus lalu, Jum’at (16/10).

Menurut Asyhari, pelaksanaan AHWA ini untuk mengembalikan supremasi syuriyah dalam kepemimpinan NU. Kriteria ulama atau kyai yang dipilih menjadi ahlul halli wal aqdi adalah berakidah ahlussunnah wal jama’ah al-nahdliyyah, bersikap adil, alim, memiliki integritas moral, tawadlu, berpengaruh, memiliki pengetahuan untuk memilih pemimpin, munadzdzim dan muharrik, serta wara’ dan zuhud.

“Saat konfercab nanti, para rais syuriyah MWC NU diharapkan akan memilih sembilan ulama atau kyai yang memiliki kriteria tersebut untuk menjadi AHWA. Lalu AHWA bermusyawarah menentukan dan menetapkan rais syuriyah,” jelasnya.

Terkait pelaksanaan AHWA, ketua MWC NU Kota Jepara Hamzah mengatakan, Sebaiknya PCNU menginventarisir nama ulama atau kyai yang memiliki kriteria tersebut atau setidaknya mendekati kriteria tadi, agar Rais Syuriyah MWC kami tidak salah dalam menentukan AHWA.

“Dengan nama ulama atau kyai yang telah diinventarisir PCNU, kami akan rapat dan berembug menentukan sembilan calon usulan MWC kami nanti”, ujar Hamzah. [Zakaria Anshori/03]