Kuatkan Jatidiri Kader, Pendekar Pagar Nusa Jalani Penggemblengan

0
869
Para pendekar Pagar Nusa jalani latihan di lapangan Pondok Pesantren Al-Muttaqien.Foto: Lasimin

Klaten, nujateng.com- Selama dua hari (10-11/10), para pendekar Pencak Silat Nahdlatul Ulama (PSNU) Pagar Nusa Wilayah Soloraya mendapat penggemblengan. Kegiatan yang diikuti sekitar 50-an kader tersebut, dipusatkan di Pesantren Al-Muttaqien Pancasila Sakti Klaten.

Ketua Pagar Nusa Kartasura, Ghulam Abdurrahman menerangkan, acara penggemblengan ini merupakan acara penutup dari rangkaian kegiatan pendadaran yang selama sepekan sebelumnya telah dilaksanakan di daerah masing-masing.

“Kita harapkan, dengan penggembelengan ini dapat menguatkan jati diri para kader Pagar Nusa, serta mengingatkan mereka akan tugas utamanya menjaga keutuhan NU dan bangsa,” ujar Ghulam.

Ghulam juga menambahkan, lokasi penggemblengan di Pesantren Mbah Liem ini juga dimaksudkan untuk mengambil ruh semangat perjuangan Mbah Liem.

“Tugas utama kami jelas menjadi benteng terdepan bagi ulama, tapi selain itu dengan mengambil ruh semangat perjuangan Mbah Liem kami juga ingin memunculkan rasa nasionalisme kami dalam menjalankan tugas kami menjaga bangsa Indonesia ini,” ujar dia.

Dalam kegiatan tersebut, para peserta yang berasal Klaten, Solo, dan Kartasura tersebut berziarah ke makam mbah Liem, untuk selanjutnya melakukan longmarch menuju makam Ki Ageng Gribik di daerah Karang Anom, Klaten.

Selain longmarch, rangkaian gemblengan juga meliputi uji materipelatihan dilanjutkan dengan “sambung” dan ditutup dengan pemberian ijazah kepada masing-masing calon warga Pagar Nusa yang disampaikan Dewan Pendekar Pagar Nusa Soloraya, Iman Widodo.

“Semuanya kami lakukan dengan tujuan untuk mempersiapkan kader-kader penggerak, yang militan dan siap baik fisik mental etika maupun spiritual,” tutup Ghulam. [Ajie Najmuddin/003]