Wisata Religi, Meneladani Semangat Para Wali

0
619
Santri huffadz (penghapal Al Quran) Pondok Pesantren Al Badriyyah Suburan, Kecamatan Mranggen, Kabupaten Demak saat melakukan ziarah. Foto:Ben Zabidy

Demak, nujateng.com- Para santri huffadz (penghapal Al Quran) Pondok Pesantren Al Badriyyah Suburan, Kecamatan Mranggen, Kabupaten Demak mengadakan kegiatan wisata religi.

Kegiatan ini diikuti sekitar 60-an santri huffadz, wisata religi ini dipimpin langsung  pengasuh pesantren Al Badriyyah, KH. Muhibbin Muhsin Al hafidz, kemarin.

Pengasuh Pesantren Al Badriyyah, KH Muhibbin Muhsin Al Hafidz seperti yang disampaikan oleh Hj. Nadliroh Al Hafidzoh mengatakan, kegiatan semacam ini perlu dilakukan untuk memperkenalkan sekaligus meneladani para wali. Juga untuk memperoleh keberkahan dan meneladani semangat para wali dalam berjuang mempelajari dan menyebarkan ilmu tentang Islam terutama ilmu Al Quran.

“Dari ziarah ini, para santri dapat mengambil teladan terutama bagaimana para wali beinteraksi dengan Al-Qur’an mulai dari cara membaca, menghapal bahkan mengimplementasikannya dalam hidup keseharian,” jelasnya.

Ketua panitia kegiatan, H. Badrul Munir mengatakan tradisi ziarah adalah salah satu cara manusia melakukan perjalanan spritual untuk memperoleh pengalaman batin.

“Wisata ziarah merupakan tradisi yang sudah dijalankan oleh warga NU sejak lama, untuk menghormati leluhur dan para wali atau orang sholeh yang dianggap mendedikasikan hidupnya untuk Islam,” ungkapnya.  [Ben Zabidy /003]