Ratusan Anggota Pagar Nusa Klaten Ikuti UKT Pertama

0
1180
Ratusan anggota Pagar Nusa saat melakukan UKT. Foto: Ajie

Klaten, nujateng.com-Ratusan anggota Pencak Silat NU Pagar Nusa Klaten Jawa Tengah mengikuti kegiatan Ujian Kenaikan Tingkat Pertama (UKT). Kegiatan tersebut dipusatkan di Kompleks Pesantren Al-Muttaqien  Pancasila Sakti Klaten, belum lama ini.

Peserta yang lulus dalam ujian pertama ini, ditandai dengan pergantian badge, dari polos ke warna kuning. Usai digembleng dengan berbagai latihan fisik, jurus, serta tenaga dalam mereka diberi ijazah aurod.

Salah satu Majelis Pendekar Pagar Nusa Klaten, Iman Widodo berpesan kepada para peserta untuk senantiasa mengingat tulisan yang terdapat pada logo Pagar Nusa: Laa Gholiba illa Billah!

“Pemberian Wirid ini untuk apa? untuk menyadarkan kalian bahwa sekuat apapun fisik kalian, sesempurna apapun jurus, kalian hanyalah nol! Tak ada artinya apa-apa tanpa pertolongan Allah SWT!,” tegas Iman.

Iman menambahkan, semua aurod dan hizib yang diajarkan, hanya menjadi sarana untuk mendekat dan meminta pertolongan kepada-Nya. “Karena hal itu juga, di badge kalian itu tertulis: Laa Gholiba illa Billah!” tutur Iman.

Pendekar sejati, lanjut Iman, tidak menggunakan jurusnya dengan sembarangan.  Artinya, kalau ia tahu pukulannya bisa berakibat fatal bagi orang lain maka sebisa mungkin ia tidak akan memukul sembarangan. Mesti bisa melihat kemaslahatan.

Dengan menjaga sikap yang demikan, para pendekar Pagar Nusa akan menjadi individu yang seperti diharapkan Mbah Liem, sebagaimana tertulis di salah satu sudut pondok Al-Muttaqien : Joglo Perdamaian Umat Manusia Sedunia! [Ajie Najmuddin/003]