Agar Mudah Dikenali, Calon Haji Dibekali Gelang Identitas Khusus

0
805
Gelang haji embarkasi Lanud Adi Soemarmo Boyolali Jawa Tengah. Foto: Ajie

 

Boyolali, nujateng.com- Setiap penyelenggaraan haji, calon haji (calhaj) biasanya akan dibekali dengan identitas khusus, untuk membedakan dengan calhaj  dari embarkasi atau negara lain. Seperti halnya, pemakaian blangkon yang dipakai oleh para calhaj dari Jepara.

Hal serupa juga dilakukan panitia penyelenggara haji Embarkasi Lanud Adi Soemarmo Boyolali Jawa Tengah, selain diberikan identitas berupa paspor dan seragam, para calhaj yang berangkat dari embarkasi tersebut diberikan gelang identitas haji.

Menurut Zainal Hakim, salah satu pengrajin yang ikut ditugaskan untuk membuat gelang, menjelaskan pada gelang berukuran 12 cm x 1,2 cm tersebut, berisi sejumlah data identitas penting calhaj

“Gelang ini berdiameter 20 cm. Tulisannya ada nama calhaj, kode embarkasi, kelompok terbang, nomor paspor, asal negara, logo garuda, dan tahun keberangkatan,” terang Zainal, saat ditemui nujateng.com di lokasi pembuatan gelang haji di lantai II Gedung Makkah Asrama Haji Donohudan, belum lama ini.

Proses pembuatan gelang pun tak membutuhkan waktu lama, yakni sekitar 10 menit. Bahan yang diperlukan yakni lempengan besi, stencil paper, air raksa, dan arus listrik untuk dialirkan ke lempengan besi saat proses pencetakan.

Di tempat pembuatan tersebut, lanjut Zainal, ia bersama sejumlah pengrajin lainnya yang ditugaskan telah membuat ribuan gelang identitas haji.

Ia menambahkan, masalah keterlambatan visa yang sempat menimpa beberapa calhaj, juga menjadi ikut menjadi masalah bagi para pengrajin. Pasalnya, pergantian jadwal berarti juga pergantian identitas yang ada pada gelang. [Ajie Najmuddin/003]