Rombongan NU Soloraya Ziarah ke Makam Pendiri NU

0
822
Pengurus NU Boyolali foto bersama di depan pintu gerbang komplek makam Pondok Pesantren Tebuireng Jombang Jawa Timur. [Foto: Ajie Najmuddin]

Solo, nujateng.com- Di sela mengikuti rangkaian kegiatan Muktamar ke-33 Nahdlatul Ulama, rombongan peserta dari NU Soloraya menyempatkan diri untuk berziarah ke makam para pendiri NU yang ada di Jombang.

Rombongan dari Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Boyolali misalnya, mereka berziarah ke tiga tempat yakni; Tebuireng, Denanyar, dan Tambakberas.

“Ziarah kita lakukan pada hari awal acara muktamar kemarin, Sabtu dan Ahad, ke makam Mbah Hasyim di Tebuireng, Mbah Wahab Tambakberas dan Mbah Bisri di Denanyar,” terang salah satu rombongan peserta dari NU Boyolali, Agus Luqman, saat dihubungi nujateng.com, Selasa (4/8).

Tak lupa mereka juga menyambangi makam dua tokoh NU lainnya, KH Wahid Hasyim dan KH Abdurrahman Wahid di Kompleks Pemakaman Pesantren Tebuireng.

Sementara itu, rombongan dari PCNU Sukoharjo juga melakukan kegiatan serupa, dengan berziarah ke Makam salah satu pendiri NU sekaligus Pahlawan Nasional, KH Wahab Chasbullah, di Pesantren Tambakberas Jombang.

Setibanya di gerbang pemakaman, mereka disambut gapura yang bertuliskan dengan huruf kapital: Makam KH Abd. Wahab Chasbullah Inspirator, Pendiri, dan Penggerak Nahdlatul Ulama.

Alhamdulillah bisa ziarah ke makam KH Wahab Chasbullah,” kata Rais Syuriyah PCNU Sukoharjo, Ahmad Baidlowi, singkat.

Mereka berharap dari kegiatan ziarah tersebut, selain untuk ngalap berkah (berharap kebaikan, red), juga untuk menambah semangat para pengurus dalam berjuang bersama NU. [Ajie Najmuddin/002]