Presiden Anugerahkan Pahlawan Nasional Pada KH Wahab Hasbullah

0
1371
KH. A Wahab Hasbullah

Jombang, nujateng.com– Tokoh Nahdlatul Ulama alm. KH A Wahab Hasbullah akan menerima gelar sebagai pahlawan nasional. Pemberian tersebut disebutkan oleh Presiden Jokowi dalam pembukaan Muktamar NU ke-33 di Jombang, Jawa Timur, Sabtu malam.

Jokowi mengaku, selama 9 bulan menjabat sebagai Presiden, ia belum pernah memberi penghargaan pahlawan nasional untuk anak bangsa. Di masa kepimpinannya, dia akan memberikan gelar pahlawan pada tokoh NU, KH A Wahab Hasbullah.

“Sejak saya jadi presiden, saya akan berikan penghargaan pada tokoh nasional dari Jombang, KH A Wahab Hasbullah,” kata Presiden, yang disambut riuh para pengunjung pembukaan muktamar.

KH A Wahab Hasbullah sendiri merupakan pendiri pondok pesantren Tambak Beras Jombang. Dia juga tokoh yang ikut membidani berdirinya NU di awal-awal kemerdekaan. Gelar pahlawan adalah gelar penhargaan tertinggi di Indonesia atas jasa-jasa yang diberikan.

Dengan demikian, negara memberi bintang jasa pada kiai ini dalam usahanya mempertahankan kemerdekaan, memupuk spirit moderatisme pada warga.

Penghargaan nantinya akan diberikan dalam bentuk plakat dan piagam sesuai dengan tata cara Peraturan Pemerintah nomor 35 tahun 2010 tentang pelaksanaan UU Nomor 20 tahun 2009 tentang Gelar, Tanda Jasa, dan Tanda Kehormatan. [Nurdin/001]