PM Inggris Tergiur Kaji Islam Nusantara

0
611
Presiden saat hadir di arena Muktamar. [Foto: Zuhairi Misrawi]

Jombang, nujateng.com- Presiden Joko Widodo menegaskan bahwa spirit moderatisme yang ditampilkan Nahdlatul Ulama menarik minat Perdana Menteri Inggris David Cameron. Ia tertarik untuk melihat Islam Indonesia, terutama organisasi sosial keagamaannya.

“PM Inggris tertarik belajar Islam di Indonesia. Beliau ingin tahu organisasi kemasyarakatan itu ketika menghadapi tantangan radikalisme global. NU ditanya secara detail. Penjelasannya juga kami disampaikan secara detail,” ujar Presiden.

Presiden melanjutkan, setelah menjelaskan dari pertanyaan, PM Inggis merasa lebih penasaran. Ia ingin tahu lebih dalam soal Islam yang ada di Indonesia, yang dibangun dengan semangat toleransi, dan moderatisme.

“Beliau menghargai apa yang terjadi di Indonesia, jika dibanding yang ada di negara lain,” tambah Jokowi.

Muktamar selain dihadiri ribuan kiai, santri, juga dihadiri masyarakat dari berbagai wilayah di Indonesia. Selain dalam ruangan utama, warga juga berkumpul di jalan dan empat pondok pesantren yang dijadikan tempat Mukmatar.

Muktamar dhadiri ibu negara Iriana Joko Widodo, Presiden RI kelima Megawati Soekarnoputri, ibu negara ke-4 Shinta Nuriyah Wahid, Menko PMK Puan Maharani, Menko Polhukam Tedjo Edi P, Menag Lukman Hakim Syaifudin. Selain itu, hadir juga Menteri tenaga kerja Hanif Dakiri, Menteri Desa Marwan Jafar, Menteri PAN RB Yudhi Crisnandi, Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa, Menteri Pendidikan Anis Baswedan, Menpora Imam Nahrawi, Menristek M Nasir.

Selain itu, Gubernur Jatim Soekarwo, Gubernur Jabar Ahmad Heryawan, Wagub Syaifullah Yusuf, Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar, ketua DPR, Ketua MPR, serta sejumlah duta besar negara sahabat. [Nazar/001]