Kader NU Ngangsu Kaweruh Media Online

0
657
Anak muda NU antusias mengikuti penjelasan pemateri mengenai media online. Foto: AS

Jombang,nujateng.com– Kaula muda Nahdlatul Ulama diberikan kuliah singkat mengenai media digital masa kini dengan pemateri Nukman Lutfi, ahli media digital dan Cak Usman, pengelola PPN Aswaja, di lapangan Universitas Wahab Hasbullah (Unwaha), Minggu (1/7).

Nukman menceritakan bahwa perkembangan media digital begitu cepat, bahkan hampir semua perusahaan menguasai media, terlebih lagi hanya dengan perangkat geadget setiap orang bisa mengakses berita dimana saja.

“Begitu juga ketika kita punya media sosial seperti facebook dan twitter dunia kita menjadi rubah total,”terang Nukman.

Lebih lanjut, alumni pondok Krapyak ini menjelaskan bahwa di dunia online, jejak NU itu sangat minim sehingga tantangan terbesar NU itu harus memahami perilaku orang dalam mengonsumsi media. Seperti era sekarang ini, untuk mengkonsumsi media kita tidak harus membaca koran, tapi cukup membuka geadget.

“Gus Mus dikenal banyak orang karena beliau punya media sosial. Nah maka dari itu anak muda NU mulai sekarang harus mengenal media, paling tidak media sosial, blog ataupun yang lainnya,”tambahnya.

Sementara itu, Cak Usman, pengelola PPN Aswaja, menjelaskan dari sisi teknik aplikasi sistem geadget, NU juga harus bisa mengikuti. “Sementara ini kita dari PPN Aswaja sudah mengembangkan embrio islam aswaja dengan melakukan pengembangan aplikasi-aplikasi berbasis android, forum silaturohim admin media NU dan mengembangkan website yang mampu mengimbangi dari para penyebar islam radikal,”tutu Cak Usman. [AS/003]