Buka Muktamar, Jokowi Kenakan Sarung

0
1038
Presiden Jokowi mengenakan sarung saat membuka Muktamar NU ke 33. [Foto: Helmy Faishal]

Jombang, nujateng.com– Ada yang tak biasa ditampilkan seorang Presiden Joko Widodo ketika datang ke acara Muktamar NU di Alun-alun Kabupaten Jombang, Jawa Timur. Saat hadir, Jokowi datang mengenakan sarung dan mengenakan sandal, hal yang bukan lazimnya sebagai kepala negara.

Jokowi hadir menggunakan baju putih dibalut dengan setelan jas hitam. Ia memakai peci dan mengenakan sarung berwarna merah, sesuai tradisi dalam NU.

Jokowi mengaku sebelum datang telah dibisiki untuk mengenakan sarung. Sebuah sarung berwarna merah pun dipakai sejak di dalam hotel menuju tempat acara.

“Pak  besok ke Muktamar NU pakai sarung,” kata Jokowi menirukan pembisiknya.

Setelah itu, Jokowi sampai di tempat acara dan bertemu dengan Mega. Di tempat itu, dia disanjung oleh Ketum PDI Perjuangan itu.

“Saya turun ketemu bu Mega, dibilang bagus. Yang bagus apanya? Kata bu Mega, warna sarungnya,” kekehnya.

“Saya turun dari mobil yang disini banyak pakai jas. Untung saya ditemani Gus Mus,” tambahnya.

Di akhir sambutan, Jokowi menyampaikan ucapan terima kasih pada NU dalam upanya senantiasa menjaga keindonesiaan dan kebinekhaan.

“Insiden saat Idul Fitri di Tolikara harus jadi momentum untuk menjaga toleransi antar agama. Mari kita tingkatkan dialog, sikap toleran, dengan karakter penguatan semangat toleransi,” cetus Jokowi. [Nurdin/001]