PCNU Magelang Gelar Halaqoh Meneguhkan Islam Nusantara

0
903
Acara buka bersama dan halaqoh “Meneguhkan Islam Nusantara.” Foto:M. Yasin Awan

Magelang, nujateng.com- Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kabupaten Magelang mengadakan acara buka bersama dan halaqoh “Meneguhkan Islam Nusantara.” Acara

tersebut dilaksanakan pada hari Senin 6 Juli 2015 di kantor PCNU Jl Magelang-Semarang, Palbapang Mungkid Magelang.

Dr. Thontowi salah satu pembicara dalam halaqoh tersebut mengatakan bahwa Islam itu agama universal. “Sesuatu hal yang bersifat universal pastinya membutuhkan unsur lokalitas,” terang Thontowi.

Universalitas Islam itu sendiri, lanjut Thontowi, sesuai dengan uraian dalam salah satu hadis Innama bu’itstu liutamimma makarimal akhlaq. Agama islam dimanapun berada, baik di nusantara, Eropa, Amerika ataupun Asia pada intinya adalah untuk menyempurnakan akhlaq manusia.

Sementara, KH Mahsun, Ketua PCNU Magelang yang juga bertindak selaku moderator secara menyampaikan bahwa Islam nusantara itu adalah Islamnya warga NU, Walisongo dan para kyai. “Dahulu, mereka mendakwahkan Islam tanpa berperang dan menumpahkan darah, tetapi dengan jalan berdakwah melalui sarana budaya setempat,” papar Kyai Mahsun.

Akar Islam ala Nusantara bisa kita lacak, salah satunya dari karya-karya ulama klasik seperti Syekh An Nawawi al Bantany al Jawi. Seperti kita ketahui Syekh An-Nawawiy telah menuliskan banyak kitab yang sampai sekarang masih diajarkan di pondok pesantren di Indonesia.[M. Yasin Awan/001]