Ahmad Suaedy : Islam Agama yang Paling Dipercaya Masyarakat Dunia

0
892
Direktur Abdurrahman Wahid Centre, Ahmad Suaedy. Foto: Ajie

Sukoharjo, nujateng.com– Agama Islam yang memiliki sifat rahmat bagi seluruh alam, menjadi agama yang paling dipercaya masyarakat di dunia. Hal ini menurut Direktur Abdurrahman Wahid Centre Ahmad Suaedy, salah satunya berdasar pada tingkat perpindahan agama yang terjadi di seluruh belahan dunia ini.

“Di negara Amerika dan Eropa serta negara maju lainnya, banyak penduduk mereka yang kemudian berpindah agama. Dan dari data yang ada, perpindahan yang paling besar, yakni banyak yang kemudian memeluk agama Islam,” terang Suaedy, saat mengisi diskusi di aula Pondok Pesantren Al-Muayyad Windan Kartasura Sukoharjo, beberapa hari lalu.

Suaedy menambahkan Islam Nusantara yang menjadi tema Muktamar NU ke-33, juga tengah menjadi sorotan publik. Tak hanya umat Islam, tapi seluruh dunia.

“Kita tawarkan tema Islam Nusantara ini kepada dunia. Kenapa? Kita tahu umat Islam di Indonesia ini mungkin bisa dikatakan Islam yang paling tenang dan dinamis,” kata dia.

Selain Suaedy, hadir pada kegiatan yang dirangkai dengan buka bersama tersebut, Koordinator Seknas Jaringan Gusdurian Alissa Wahid. Puteri Gus Dur itu mengingatkan sebuah pesan Gus Dur akan bahaya pertikaian.

“Gus Dur pernah mengatakan : bukan perbedaan yang kita takutkan, melainkan pertikaian. Sekarang ini banyak orang yang bertikai. Kita bisa meniru Gus Dur yang menjunjung tinggi persaudaraan. Persaudaraan tidak hanya kepada orang yang kita sukai, tapi juga kepada orang yang memusuhi kita,” tutur Alissa. [Ajie Najmuddin/003]