Syiah Iraq Berkunjung ke Ponpes Futuhiyyah Mranggen

1
1278
[Foto: Abdus Shomad]

Demak, nujateng.com- Pondok Pesantren Futuhiyyah Mranggen Demak menyelenggarakan kegiatan Jalsah Mubarokah bersama Ulama Syiah asal Iraq, Sayid Izzudin Al Hakim, Sayid Muhammad Al Hakim, dan Syaikh Ridho Az Zubaidi di kediaman Pengasuh Pondok Pesantren Futuhiyyah Mranggen Demak, KH Muhammad Hanif Muslih, Jumat (5/6).

Kegiatan ini dihadiri oleh para pengasuh pondok dan kiai yang ada di wilayah Mranggen Demak.

Dalam sambutannya KH Muhammad Hanif Muslih mengucapkan terimakasih dan bersyukur atas kehadiran Sayid Izzudin Al Hakim, Sayid Muhammad Al Hakim, dan Syaikh Ridho Az Zubaidi, sebab telah menyempatkan diri untuk berkunjung di Pondok Pesantren Futuhiyyah dan permohonan maaf ketika dirinya berkunjung ke Iraq tidak sempat silaturrahim.

Sayid Izzudin Al Hakim dalam ceramahnya mengajak kepada semua yang hadir, terutama dewan pengasuh pondok pesantren dan para pemuka agama untuk senantiasa solid dan bersatu dalam menghadapi perselisihan atau perbedaan yang ada.

“Ada pihak-pihak tertentu yang demi kepentingan politik, demi harta dan kekuasaan mereka mengadu domba ingin memunculkan peperangan antar muslim dengan alasan perselisihan atau perbedaan paham. Perselisihan dan perbedaan bukan karena madzhab atau paham tertentu, sebab madzhab sudah ada sejak dahulu dan tidak menimbulkan peperangan,” paparnya.

Titik Temu

Lebih jauh Sayid Izzudin menjelaskan, untuk menyikapi problem perselisihan baik sesama madzhab, antar madzhab, tidak perlu dengan kekerasan, tetapi dengan dialog dan diskusi, saling memahami, jiwa tenang, dan bertukar pikiran dalam mencari solusi.

“Ini semua dapat dilakukan melalui lembaga pendidikan, pondok pesantren, lembaga sosial dan kemanusiaan, pusat kajian, dan lain sebagainya untuk mencari titik temu, bukan mencari titik perbedaan,” jelasnya. [Abdus Shomad/002]