Seknas Gusdurian Adakan Pelatihan Manajemen Komunitas

0
717
Pegiat Gusdurian se-Indonesia mengikuti kegiatan Pelatihan Manajemen Komunitas (29-31/5). [Foto: Ajie Najmuddin]

Yogyakarta, nujateng.com- Di penghujung Mei lalu, selama tiga hari (29-31/5) para pegiat Gusdurian se-Indonesia mengikuti kegiatan Pelatihan Manajemen Komunitas. Pelatihan yang diselenggarakan Sekretariat Nasional (Seknas) Gusdurian dipusatkan di salah satu hotel di Yogyakarta.

Pada salah satu sesi, Koordinator Nasional Jaringan Gusdurian Alissa Wahid menjelaskan pelatihan komunitas ini dimaksudkan untuk memaksimalkan pengelolaan jaringan komunitas Gusdurian.

“Dari berbagai komunitas Gusdurian yang lahir, belum semua mampu berjalan dengan baik. Melihat hal tersebut, maka pelatihan manajemen komunitas ini adalah sebuah keharusan demi soliditas dan sinergitas kerja dalam Jaringan Gusdurian,” ujar putri Gus Dur itu.

Di hadapan puluhan peserta, Alissa juga memberikan saran terkait untuk pengembangan jaringan. “Kita dapat membuat model kanvas komunitas yang berguna untuk pemetaan potensi dan jaringan. Komunitas yang belum maju, dapat meniru komunitas lain yang dianggap sudah berhasil,” papar dia.

Selain Alissa, turut menjadi pembicara pada kesempatan tersebut dua aktivis perempuan Lian Gogali dan Ciciek Farha. [Ajie Najmuddin/002]