Sadranan Merapi, Ansor Klaten Ziarahi Mbah Marijan

0
721
[Foto: Dok.Timlo.net]

Klaten, nujateng.com- Menjelang Ramadhan, Pengurus Cabang GP Ansor Klaten mengadakan acara “Sadranan Merapi” yang dipusatkan di Dukuh Ngremeng Kidul, Tlogowatu, Kemalang, Klaten.

Acara yang berlangsung selama dua hari itu (1-2/6), juga melibatkan warga setempat. Ketua PC GP Ansor Klaten, Marzuki, menjelaskan acara “Sadranan Merapi” ini dibagi menjadi beberapa rangkaian.

“Hari pertama kami adakan seminar. Hari berikutnya, kami berziarah ke beberapa makam tokoh NU di sekitar Merapi, antara lain ke makam Mbah Marijan, Syeh Syarif Ali Jufri, serta Syeh Maulana Akhir,” terangnya.

Marzuki mengatakan acara ini digelar sebagai bentuk rasa syukur GP Ansor Klaten dan warga, atas anugerah Merapi yang diberikan Tuhan kepada warga Klaten.

“Selain itu kami juga ingin berguru kepada Merapi, dalam hal keikhlasan dan kedermawanan, memberi apa yang ia punya kepada masyarakat di sekitarnya,” ujarnya.

Hal tersebut diwujudkan dengan pengumpulan iuran secara sukarela dari para pengurus dan anggota Ansor yang tak hanya berwujud uang, tetapi juga berupa bahan pokok untuk keperluan acara, seperti beras, gula pasir, pisang, lombok, jagung hingga ayam.

Ditambahkan Marzuki, pada kesempatan tersebut mereka juga mengadakan kegiatan pembacaan doa Nisfu Sya’ban yang dilanjutkan dengan kegiatan “Jagongan Merapi”. [Ajie Najmuddin/002]