Sambut Siswa Baru, MA Futuhiyyah 2 Mranggen Gelar Manaqiban

0
1677
[Foto: Ben Zabidy]

Demak, nujateng.com- Berharap sukses dalam Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) 2015/2016, MA Futuhiyyah 2 Mranggen Demak mengadakan pembacaan Manaqib Syekh Abdul Qodir Al-Jilani, pada Minggu (3/5).

Manaqiban merupakan agenda awal sesuai dengan jadwal yang telah direncanakan oleh panitia PPDB 2015/2016. Hal ini dikarenakan manaqiban merupakan tradisi baik dari para pendahulu yang sudah menjadi budaya di lingkungan MA Futuhiyyah 2 Mranggen. Sebagaimana prinsip Ahlus sunnah wal jamaah (Aswaja) yakni al-muhafadhah ala al-qodim as-shalih wal akhdzu bi al-jadid al ashlah, yang artinya mempertahankan nilai- nilai dan budaya lama yang baik dan bersikap terbuka serta mengambil nilai-nilai baru yang terbukti lebih baik.

Manaqiban dibuka oleh Kepala Madrasah, H. Helmi Wafa, SE. Dalam sambutannya ia mengatakan bahwa perkembangan dan kemajuan pesat MA Futuhiyyah 2 Mranggen selama ini tidak lain karena pertolongan dari Allah SWT dan doa barokah para masyayikh pendahulu, sehingga dari sisi kuantitas siswa MA Futuhiyyah 2 merupakan lembaga terbesar kedua di lingkungan Yayasan Pondok Pesantren Futuhiyyah setelah SMK Futuhiyyah.

“Sebagaimana kita ketahui, MAF2 merupakan lembaga madrasah yang berdiri belakangan dari lembaga-lembaga lain di lingkungan Yayasan. Lokasi MAF2 juga agak nyelempit (tidak terlihat, red), masuk gang kampung Suburan. Tetapi Alhamdulillah perkembangan MAF2 cukup pesat sehingga menjadi lembaga terbesar kedua setelah SMK,” terangnya.

Pembacaan manaqib dipimpin langsung kepala Madrasah, diawali dengan pembacaan dzikir dan tahlil bersama. Pembacaan manaqib ini dimaksudkan untuk berdoa dan bertawassul bersama dalam rangka sukses PPDB 2015/2016 MA Futuhiyyah 2 Mranggen.

“Sudah menjadi tradisi bagi civitas MA Futuhiyyah 2 setiap kali mengawali PPDB dengan membaca manaqib Syeikh Abdul Qodir Al Jilani dengan mengharap keberkahannya,” tambahnya.

Manaqib Nurul Burhani yang merupakan anggitan dari Syeikh Muslih Abdurrahman Al Maraqy ini memuat  silsilah nasab Syekh Abdul Qodir Al-Jailani, sejarah hidupnya, akhlaq, dan karomah-karomahnya. Di samping itu tercantum juga doa-doa bersajak yang bermuatan pujian dan tawassul kepada Syekh Abdul Qodir Al Jilani. [Ben Zabidy/002]