Ratusan Grup Hadrah Ramaikan Solo Bersolawat 2015

0
998
[Foto: Ajie Najmuddin]

Solo, nujateng.com- Ratusan grup rebana se-Soloraya turut memeriahkan Festival Parade Hadrah 2015 untuk memperingati Isra Miraj 1436 Hijriah di sepanjang Jalan Slamet Riyadi hingga Jalan Jenderal Sudirman, Solo, Sabtu (16/5) malam.

Rombongan hadrah, berangkat dari Stadion Sriwedari, selepas isya’ dengan menggunakan berbagai macam kendaraan seperti truk, mobil pickup, dan bus. Adapula beberapa rombongan yang berjalan kaki menuju ke lokasi tujuan, di depan Balaikota Surakarta.

Sepanjang perjalanan, para rombongan ini menabuh rebana dan melantukan lagu sholawatan di sepanjang Jalan Slamet Riyadi. Ketua Panitia, Soni Parsono menuturkan ada 200 grup dari Kota Solo maupun berbagai daerah di sekitar Kota Bengawan.

“Sebenarnya lebih banyak lagi yang ingin tampil, tetapi kami membatasi supaya tidak kesulitan untuk melakukan koordinasi di sepanjang jalan,” ujarnya.

Sementara itu, Walikota Surakarta FX Hadi Rudyatmo yang juga ikut menyaksikan jalannya parade, mengatakan kegiatan Parade Hadrah ini merupakan yang ke-6 kalinya diadakan di Kota Solo.

“Pemkot Solo sangat mendukung acara ini, kita masukkan dalam event tahunan kota. Ini merupakan dari wujud Solo sebagai “Kota Sholawat” kata dia, saat diitemui di sela kegiatan parade.

Menurutnya, kegiatan ini juga sebagai bagian untuk memberantas kemaksiatan di Kota Solo dan Indonesia pada umumnya. [Ajie Najmuddin/002]