Pendekar Pagar Nusa Klaten Kenalkan Pencak Silat di Fiji

0
1431
Pencak Silat Pagar Nusa (PSPN) Nahdlatul Ulama Kabupaten Klaten latihan bersama Angkatan Bersenjata Republik Fiji (RFMF) dan Kepolisian Fiji. Foto: Istimewa

KLATEN, nujateng.com- Iman Widodo, seorang pendekar dan pengurus Pencak Silat Pagar Nusa
(PSPN) Nahdlatul Ulama Kabupaten Klaten, mendapatkan kesempatan untuk mengenalkan pencak silat kepada Angkatan Bersenjata Republik Fiji (RFMF) dan Kepolisian Fiji, pertengahan Mei ini.

Dalam kesempatan tersebut, Iman yang memakai pakaian khas pagar Nusa dengan sabuk hijau, memeragakan sejumlah jurus pencak silat, untuk kemudian para tentara dan polisi tersebut juga mengikuti jurus-jurus yang diperagakan Iman.
“Semoga sedulur yang lain bisa melanjutkan ke negeri yang lain. Mengabarkan bahwa Pencak Silat Indonesia adalah The Heritage of Nusantara, The art of peace and wisdomm,” kata Iman saat dihubungi
nujateng.com melalui akun facebook-nya, kemarin.

Iman menjelaskan, perjalanan mereka merupakan bagian dari nota understading (MoU) yang ditandatangani antara Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) Indonesia dan Fiji Pemuda dan Olahraga di Jakarta Kota tahun lalu. Sementara itu, dikutip dari portal berita fijisun.com, Wakil Menteri Kementerian pemuda Indonesia untuk Harmonisasi dan Kemitraan, Mirhan Tabrani memaparkan beberapa poin pada kunjungan tersebut.

“Kami sangat senang. Dari pihak Indonesia, kita bisa menerapkan tiga poin; yang melampirkan staf dari Fiji ke pelayanan kami di Jakarta untuk belajar tentang program kewirausahaan pemuda dan menerapkannya di Fiji, pengembangan rugby di Indonesia yang merupakan salah satu yang sangat baik dan Pemuda Jambore Pramuka di Jakarta yang akan dihadiri oleh pemuda dari Fiji ,” kata Tabrani. (Ajie Najmuddin/003)