Noor Achmad Gantikan Ali Mufiz Kelola MAJT

0
1383
BACAKAN SK: Gubernur Ganjar Pranowo membacakan surat keputusan pengukuhan pengurus Badan Pengelola Masjid Agung Jawa Tengah periode 2015-2019. [Foto: KS]

Semarang, nujateng.com- Rektor Universitas Wahid Hasyim (Unwahas) Semarang, Noor Achmad secara resmi menggantikan Ali Mufiz sebagai Ketua Badan Pengelola Masjid Agung Jawa Tengah (BP MAJT) periode 2015-2019. Pengukuhan pengurus dilakukan oleh Gubernur Ganjar Pranowo di ruang perpustakaan MAJT Jalan Gajah Raya, Jumat (22/5) sore.

Usai pengukuhan Ganjar meminta kepada pengurus baru untuk menjadikan MAJT tidak saja sebagai tempat ibadah, tetapi juga menjadi pengembangan Islam yang moderat, destinasi pemikiran dan peradaban, serta “tempat bertanya” bagi siapa saja tentang masalah ke-Islaman dan kemasyarakatan.

”Para pengelola ini kan memiliki kompetensi, tentunya sangat fasih. Masyarakat melihat MAJT tidak hanya karena arsitekturnya, tetapi juga greget pemikiran dan ide cerdas di dalamnya.  Dengan demikian, tranformasi peradaban bisa dimulai dari sini,” tuturnya.

Ganjar juga menegaskan, ketika MAJT sudah memunculkan jatidirinya, masyarakat atau orang yang berkunjung ke MAJT dari luar Jawa Tengah tentunya akan belajar dan datang dengan nyaman. Upaya yang telah dilakukan saat kepemimpinan Ali Mufiz dengan menjalin kerjasama dengan agama dan negara lain harus ditingkatkan.

”Yang ramai jangan hanya pesta perkawinan dan wisuda saja. Tetapi, orang datang ke MAJT ini karena merasa damai dan mampu menunjukkan Islam yang ramah tanpa kehilangan jatidiri. Harapan saya, pengurus solid membuat program yang edukatif, solutif dan humanis. Pemerintah Provinsi Jawa Tengah siap membantu dan membuka diri setiap saat untuk sharing,” paparnya.

Ditemui usai pengukuhan, Noor Achmad berjanji akan membenahi organisasi, perkantoran, dan manajemen. Karena ia melihat, MAJT adalah masjid bertaraf internasional, sehingga sistem manajemen, organisasi dan perkantorannya harus ditata dan dikelola dengan baik.

”Bersama para pengurus kami akan meneruskan apa yang sudah dilakukan Pak Ali Mufiz, membuka jaringa nasional dan internasional seluas-luasnya. MAJT juga akan menunjukkan Islam yang santun, tawasuth, proporsional, toleran. Soal keuangan juga akan transparan dengan mengumumkannya setiap Jumat,” harapnya.

Susunan pengurus BP MAJT periode 2015-2019 sesuai Keputusan Gubernur nomor 450/54 untuk jabatan Wakil Ketua I H Ali Mansyur, Wakil Ketua II KH Hanief Ismail, Wakil Ketua III Agus Fathudin Yusuf. Sekretaris dijabat Muhyidin, Wakil Sekretaris I Aufarul Marom, Wakil Sekretaris II Istajib. Bendahara Nurhadi, Wakil Bendahara H Mustain. Ketua Bidang Pendidikan H Ahmad Rofiq, Ketua Bidang Remaja dan Wanita Hj Gatyt Chotidjah, Ketua Bidang Ketakmiran H Ahyani, Ketua Bidang Pembangunan, Aset dan Pemeliharaan H Fanani, Ketua Bidang Usaha H Harsono dan Ketua Bidang Hubungan Masyarakat dan Kerjasama H Edi Noersasongko. [KS/002]