Muslimat NU Jateng Berikan Penghargaan Dalam Rangka Safari KB Gratis

0
624
Muslimat NU Jateng. [Foto: Bams]

Semarang, nujateng.com- PW Muslimat NU Jawa Tengah bekerjasama dengan BKKBN dan BP3AKB Jawa Tengah memberikan penghargaan kepada Pimpinan Cabang Muslimat NU yang dapat memberikan layanan  KB terbaik. Acara yang dilaksanakan pada 6 Mei 2015 itu mengambil tempat di Aula PWNU Jawa Tengah dihadiri oleh Ketua dan Sekretaris Pimpinan Cabang Muslimat NU se Jawa Tengah. Sedangkan kegiatan layanan KB gratis dilaksanakan dalam rentang waktu mulai akhir Januari-akhir April 2015. Kegiatan yang dikemas dalam Safari KB ini diselenggarakan dalam rangka menyambut Harlah Muslimat NU ke- 69.

Program KB  memiliki hubungan historis cukup kuat dengan Muslimat NU. Hal ini bisa dipahami karena konsen dan komitmen Muslimat NU terhadap  program KB bukan hanya euforia belaka, akan tetapi komitmen yang dikuatkan dengan hasil telaah yang konprehensif. Program pengendalian pertumbuhan  penduduk yang lebih populer dengan sebutan KB ini oleh Pemerintah Orde Baru dimaksudkan untuk menekan laju pertumbuhan penduduk agar tidak lebih cepat dengan pertumbuhan ekonomi. Pada masa awal pencanangannya tahun 1968 , program ini mengalami kendala yang cukup serius karena mendapat penolakan tidaka saja dari masyarakat tetapi juga dari kaum agamawan.   Penolakan masyrakat lebih disebabkan karena pendekatan yang digunakan terkesan otoriter diiringi dengan intimidasi.

Bagi Muslimat NU Program KB tidak hanya dilihat sebagai program pengendalian pertumbuhan penduduk  belaka, akan tetapi lebih dilihat sebagai bagian upaya penguatan hak – hak reproduksi perempuan  serta ikhtiar meningkatkan derajat kesehatn ibu dan anak terutama di pedesaan. Oleh karena itu sejak awal pencanangannya Muslimat NU langsung memberikan respon positif meski pihak lain masih belum menerimanya bahkan cenderung menolaknya. Respon Muslimat NU tersebut dituangkan dalam Keputusan organisasi : Menyepakati dan menyetujui Program Keluarga Berencana yang dilakukan oleh BKKBN, untuk mengendalikan pertumbuhan penduduk. Menyadari peran strategis Muslimat NU yang memiliki struktur  sampai ke pelosok desa dapat  menjangkau  dan menghimpun jutaan kaum ibu , maka Pemerintah melibatkan Muslimat NU ke dalam LKBN (Lembaga KB Nasional ) yang dalam perkembangannya berubah menjadi BKKBN.

Oleh karena itu tidak heran apabila setiap kali menyambut perayaan Harlah Muslimat NU ada tradisi memberikan layanan  KB secara gratis kepada masyarakat agar nilai kesejarahan keterlibatan Muslimat NU dalam memberikan layanan KB dapat terus menginspirasi dan memotivasi para penerusnya. Kesungguhan Muslimat NU dalam mensukseskan program KB juga diakui oleh Drs. Jumiko,MM Kabid KB-KS BP3AKB Jawa Tengah, dalam sambutannya disampaikan bahwa  peran  Muslimat NU sangat dirasakan oleh Pemerintah tanpa kesungguhan  Muslimat NU sulit bagi Pemerintah  untuk dapat menjangkau sasaran KB sampai ke pelosok pedesaan. Kemitraan yang selama ini terbangun diharapkan dapat terus ditingkatkan pada masa – masa yang akan datang.

Berdasarkan monitoring bersama yang dilaksanakan oleh Muslimat NU – BKKBN – BP3AKB Jawa Tengah, maka ditetapkan  3 Cabang dengan capaian Akseptor terbanyak yaitu :

  • Peringkat I : PC.Muslimat  NU Kab. Tegal  :   050  Akseptor

Mendapatkan Tropy , Dana Pembinaan 5.000.000 dan 1 paket alkon.

  • Peringkat II : PC. Muslimat NU Cilacap  : 9.540  Akseptor

Mendaptkan Tropy, Dana Pembinaan 4.000.000 dan 1 paket alkon.

  • Peringkat III  : PC. Muslimat NU Demak  :  860

Mendapatkan Trop, Dana Pembinaan 3.000.000 dan 1 paket alkon.

Penyerahan Tropy dilakukan oleh Drs. Agus Pujianto Kabid KB-KR BKKBN Jawa Tengah didampingi oleh Drs Jumiko, MM, Ketua PW Muslimat NU Jawa Tengah Prof DR Hj Ismawti Hafiedz, M. Ag, serta Dra Hj Zuhar Mahsun, M Si.

Dalam sambutannya selaku Panitia sekaligus PW Muslimat NU Jawa Tengah Dra Hj Zuhar Machsun, M Si,  menyampaikan bahwa  Acara Penyerahan Penghargaan dirangkai dengan Rapat  Koordinasi  PC-PW Muslimat NU se Jawa Tengah agar seluruh Pimpinan Cabang dapat termotivasi dan terinspirasi memberikan layanan KB terbaik karena sangat dibutuhkan oleh masyarakat khusunya bagi mereka yang masih pra sejahtera.

Usai  penyerahan penghargan acara dilanjutkan dengan  Rapat Koordinasi PW-PC Muslimat NU se Jawa Tengah dipimpin langsung oleh Ketua PW Muslimat NU Jawa Tengah Prof DR Hj Ismawati Hafiedz, M Ag. Pada sesi pengayaan materi hadir memberikan materi Teguh Hadi Nugroho Kasi PSKM-KA Dinas  Sosial Provinsi Jawa Tengah, dan Drs H Ahmad Suhari Ketua Forum Lembaga Kesejahteraan Sosial Anak Provinsi Jawa Tengah. [Ida Masruroh Hakim/002]