Musholla Pasar Johar Selamat Dari Kebakaran

0
920
[Foto: Nazar Muhammad]

Semarang, nujateng.com- Selain ratusan al-Quran dan kitab kuning yang berhasil terselamatkan saat musibah kebakaran hebat di pasar Johar, tenyata ada musholla yang juga selamat dari amukan si jago merah. Musholla itu bernama Musholla Kiai Damar, di Jalan Pedamaran, tidak jauh dari bagian belakang Pasar Johar.

Padahal di sekeliling Musholla berlantai dua tersebut, rumah dan kios warga ludes dilahap api. Musholla aman karena saat kebakaran, warga sempat menyiramkan air di seluruh tembok dan genteng mushola.

Salah satu warga yang juga jamaah di musholla tersbeut, Warsito, mengaku api yang begitu besar tidak mampu sedikit pun menyentuh mushalla. Padahal angin dan kobaran api terus bergerak ke arah musholla tersebut.

“Ini keajaiban Allah.  Musholla ini, kena api besar itu ndak tersentuh, hangus juga tidak. Tidak terbakar sama sekali, itu aneh, ajaib,” ujar Warsito, Kamis (14/5/15).

Menurut dia, tidak ada keistimewaan dari musholla yang dibangun sebelum era kemerdekaan tersebut. Musholla Kiai Damar tetap menyelenggarakn pengajian satu bulan sekali atau setiap satu kali dalam selapanan.

“Pengajian biasa Ahad pagi selapanan sekali. Sama dibuat berjamaah para pedagang dan warga disini,” tambahnya.

Saat kebakaran terjadi, puluhan warga terlihat menuju mushalla. Mereka melantukan puja-puji atau shalawat kepada nabi. Sebagian lain menyerukan dengan bacaan keagungan Tuhan.

“Saat itu saya langsung menuju mushalla. Saya ajak orang-orang untuk bershalawat,” timpal Aliyah, ketua majelis taklim Mushala Kiai Damar, kemarin. Di mushalla itu, mereka berdoa bersama, hingga mereka diberi keselamatan.

”Allah memberikan keistimewaan,” paparnya. [Nazar Muhammad/002]