Menag: Kita Perlu Menggalakkan Kesalehan Sosial

0
794
Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin [Foto: kemenag.go.id]

Jakarta, nujateng.com- Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin secara pribadi berpendapat, umat Islam perlu digalakkan lagi pemahaman dan kesadaran terkait zakat, infak dan shodaqoh. “Harapan saya, Baznas mempunyai strategi sosialisasi tentang zakat, infak dan shodaqoh, khususnya di kalangan para muzakki (orang yang zakat). Hal ini penting, karena selama ini banyak di antara kita lebih mementingkan kesalehan individu daripada kesalehan social,” papar Menag dalam memberikan sambutan dan membuka Rapat Kerja Nasional Baznas dan Baznas Provinsi Tahun 2015 di Jakarta, Selasa (19/5).

“Kesalehan individu itu penting, namun kesalehan sosial tak kalah pentingnya. Kesalehan sosial adalah sebuah kesadaran teologis, sebuah pemahaman tentang syari’at. Bahwa maqashidusyari’at (tujuan agama) itu lil mashlahah (untuk kebaikan bersama). Berorientasi pada kemaslahatan umat. Kita harus mementingkan orang banyak. Itu inti dari diberlakukannya syari’at,” tambahnya, serius.

Dalam acara yang dihadiri keluarga besar Baznas pusat, provinsi, kabupaten/kota, para kepala daerah peraih Basnaz Award itu, Menag mengutip pesan Bung Hatta, Proklamator Kemerdekaan NKRI.

“Bung Hatta pernah berpesan: Negeri, belumlah makmur dan belum menjalankan keadilan sosial, apagila fakir miskin masih berkeliaran di tengah jalan, dan anak-anak yang diharapkan akan menjadi tiang masyarakat di masa datang, terlantar hidupnya. Islam menghendaki masyarakat tolong menolong, masyarakat yang didasarkan kepada sifat yang terpuji di mata Allah Swt, masyarakat yang berdasar kepada kasih sayang dan keadilan, masyarakat yang melaksanakan keadilan Ilahi, keadilan sosial. Pembagian zakat harus sepanjang tahun, sepanjang waktu. Agama menguntukkan zakat itu bagi orang yang miskin dan hendaknya sampai kepada umat yang miskin itu,” tandasnya.

Menag berharap, ke depan kaum muslim menjadikan kesalehan sosial menjadi titik tekan, agar ajaran Islam bisa lebih dirasa manfaatnya. [G-Penk/002]