Jokowi Siapkan Anggaran Khusus bagi Pengungsi Rohingya

0
503
Jokowi kunjungi Care Free Day di Solo. Foto: Ajie Najmuddin

SOLO, nujateng.com- Pemerintah Republik Indonesia tengah menyiapkan anggaran khusus yang nantinya akan digunakan untuk membantu para pengungsi Rohingya di Aceh. Hal tersebut disampaikan Presiden Joko Widodo (Jokowi) di sela kunjungannya pada kegiatan Car Free Day di Solo Jawa Tengah, Ahad (24/5).

“Sudah ada beberapa kesepakatan dengan beberapa negara seperti Malaysia dan Thailand, terkait dengan penanganan pengungsi Rohingya,” kata Jokowi.

Dipaparkan orang nomor satu di Indonesia ini, kesepakatan penanganan pengungsi nantinya diwujudkan dalam bentuk bantuan pangan dan lokasi untuk penampungan. Jokowi juga berharap, agar PBB dan dunia internasional juga ikut memperhatikan nasib para pengungsi.

Sementara itu, dilansir data dari Badan Nasional Penanganan Bencana (BNPB), disebutkan saat ini jumlah pengungsi muslim Rohingya dari Bangladesh dan Myanmar di Aceh berjumlah 1.722 jiwa.

Para pengungsi ditempatkan di tempat pengungsian yang tersebar di 4 daerah. Yaitu 560 jiwa di Kabupaten Aceh Utara, 47 jiwa di Kabupaten Aceh Tamiang, 682 jiwa di Kota Langsa, dan 433 jiwa di Kabupaten Aceh Timur. (Ajie Najmuddin/003)