Bupati Demak Resmikan Porsema Ke IX dan Osn 2015

0
1213
[Foto: Istiqomah]

Demak, nujateng.com- Pekan Olahraga dan Seni Ma’arif  (PORSEMA) NU ke IX dan Olimpiade Sains dan keNUan (OSN) 2015 telah diselenggarakan oleh LP Ma’arif cabang Demak resmi dibuka oleh bupati Demak Drs H M Dachirin Said, SH, M.Si dengan secara simbolik pelepasan balon dalam upacara pembukaan (10/5) di halaman Sekretariat Daerah Kabupaten Demak.

Kegiatan ini dilaksanakan selama dua hari, yakni tanggal 10-11 Mei 2015 yang bertempat di MTs-MA NU Demak, MI Sultan Fattah Demak, Mts-MA NU Miftahus Salam Wonosalam, GOR Pancasila, GOR Mangunjiwan dan Aula Fella Motor. Dalam kompetisi ini ada 16 cabang yang dilombakan, antara lain: voly, lari sprint, tenis meja, bulutangkis, pencak silat pagar nusa, MTQ, CCA (Cerdas Cermat Aswaja), kaligrafi, puisi religi, debat bahasa Arab dan bahasa Inggris, pidato bahasa Indonesia dan bahasa Jawa, produksi film pendek, reportase kegiatan, olimpiade sains dan keNUan, karya tulis ilmiah remaja, dan bulutangkis antar pengurus.

Adapun peserta yang mengikuti lomba adalah siswa-siswi dari satuan pendidikan formal yakni MI, MTs dan MA yang tergabung dalam LP Ma’arif, yang terdiri dari dari 29 Madrasah Ibtidaiyah (MI), 56 Madrasah Tsanawiyah (MTs) dan 31 Madrasah Aliyah (MA) sedangkan untuk SMA dan SMK dipersiapkan untuk mengikuti ekspo menjelang muktamar pada bulan Agustus mendatang di Pekalongan. Hasil dari PORSEMA ini peserta yang menjadi juara akan dikirim mewakili cabang Demak untuk maju dalam PORSEMA tingkat provinsi yang diadakan oleh LP Ma’arif wilayah Jawa Tengah tanggal 25 Mei di Kebumen.

Disampaikan dalam pidatonya,  bupati demak menyatakan  bahwa pemerintah mendukung betul dengan adanya kompetisi ini, harapannya porsema wilayah yang akan datang bisa diselenggarakan di Kabupaten Demak dalam rangka menyongsong Demak Kota Wali serambi Madinah. Sementara itu Ketua LP Ma’arif cabang Demak, Sa’dullah, menegaskan dengan adanya porsema diharapkan dapat meningkatkan solidaritas antar keluarga Ma’arif dan meningkatkan kemampuan dan prestasi peserta didik dalam bidang akademik dan non akademik dalam rangka menyiapkan kader-kader generasi penerus Nahdlatul Ulama’. [Istiqomah/002]