Apresiasi Baznas, Kemenag Siap Kucurkan 16,8 M

0
557
[Foto: pusat.baznas.go.id]

Jakarta, nujateng.com- Kementerian Agama (Kemenag) mengapresiasi kinerja Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) yang kini kian membaik. “Atas nama pemerintah, Kemenag mengapresiasi kinerja Baznas yang semakin baik. Bahkan kini telah mampu bekerja sama dengan berbagai lembaga, baik dalam maupun luar negeri. Semoga Baznas semakin memperkuat tata kelola zakat nasional dan memaksimalkan manfaat zakat untuk ikut pro aktif dalam mengatasi kemiskinan di tanah air. Untuk itu Kemenag telah menetapkan akan mengucurkan dana sekitar Rp 16,8 M untuk Baznas,” terang Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin saat memberi sambutan pada pembukaan Rapat Kerja Nasional Baznas dan Baznas Provinsi Tahun 2015 di Jakarta, Selasa (19/5).

Dalam acara yang akan berlangsung hingga Jumat (22/5) itu Menag menyampaikan bahwa angka di atas dibagi untuk Baznas pusat sebesar Rp 6 M, untuk Baznas provinsi masing-masing Rp 200 juta dan untuk 100 Baznas kabupaten/kota sebesar Rp 40 juta.

Lebih jauh Menag menegaskan, bahwa dana tersebut sejak hari ini sudah bisa dicairkan dengan syarat memenuhi prosedur yang telah ditentukan sebelumnya.

Dalam sambutannya, Ketua Umum Baznas, Didin Hafidhudidin, menyatakan, bahwa tiap tahun dana yang berhasil dihimpun oleh Baznas meningkat rata-rata 15 %. “Dan alhamdulillah, pada kuartal I (Januari-April) ini peningkatan penerimaan Baznas mencapai 37 % dari tahun lalu. Hal ini luar biasa, karena kita sedang dilanda kelesuan ekonomi. Semoga hal ini semakin berdampak positif dengan makin bertambahnya kesadaran masyarakat kita untuk menolong sesama yang membutuhkan,” harapnya.

Didin menyatakan, saat ini Baznas telah memperoleh Sertifikat ISO 9001 2008 dan predikat laporan keuangannya WTP. “Saat ini Baznas telah menyentuh 2,9 juta mustahiq (penerima zakat, red) sekitar 9 % penduduk miskin di Indonesia. Semoga ke depan kami mampu berbuat lebih baik dan makin amanah,” jelasnya.

Dalam kesempatan tersebut, Baznas memberikan Baznas Award kepada para kepala daerah secara langsung, baik provinsi maupun kabupaten/kota yang dinilai berhasil mengembangkan Baznas di daerahnya, antara lain Gubernur Sumatera Barat, Sumatera Selatan, Bupati Tanah Datar, Bupati Solok Selatan, Bupati Sijunjung, Bupati Agam, Bupati Pesisir Selatan, Bupati Padang Pariaman, Bupati Lima Puluh Kota, Walikota Prabumulih dan Bupati Oku Timur. Baznas Award diserahkan oleh Menag disaksikan Ketua Umum Baznas, Didin Hafidhudidin.

Hadir dalam acara ini, keluarga besar Baznas pusat, provinsi dan kabupaten/kota, para kepala daerah peraih Basnaz Award, serta beberapa pejabat Kemenag terkait, yakni Dirjen Bimas Islam dan jajarannya. [G-Penk/002]