NU Jateng Kawal Pemerintahan Jokowi

1
748
Suasana pertemuan Presiden RI Joko Widodo dengan kiai Nahdlatul Ulama se-Jawa Tengah di Ungaran, Jawa Tengah, Rabu (29/4). [Foto: MAI]

Semarang, nujateng Ketua Tanfidziyah Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) Jawa Tengah KH Abu Hapsin, Ph.D menegaskan, para Kiai NU di Jawa Tengah akan terus mengawal pemerintah. Kiai NU Jateng akan mengawal kebijakan-kebijakan pemerintah supaya tepat sasaran.

“NU Jateng terus mengawal jalanya pemerintahan dibawah Presiden Jokowi (Jokowi). Para kiai NU sepakat untuk tetap kritis terhadap kebijakan presiden supaya tepat sasaran, bermanfaat bagi rakyat kecil di pedesaan,” tutur alumnus universitas UCLA ini, usai acara  pertemuan dengan presiden Jokowi di Ungaran, Rabu (19/4/15).

Pada kesempatan itu, Jokowi meluangkan waktu khusus untuk bertemu dengan kiai-kiai NU di Jawa Tengah. Ia bertemu dengan kiai NU untuk mejalin kesepahaman mengenai ideologi kebangsaan dan kesejahteraan rakyat. Kiai Abu menilai, kiai adalah teman yang paling tepat untuk diajak rembugan mengenai ideologi bangsa dan kesejahteraan rakyat.

“NU saya kira satu-satunya organisasi yang sejak awal ihlas dan tulus mendukung pemerintahan. NU adalah teman pemerintah yang baik, ikhlas seperti yang digambarkan para kiai di pesantren. NU juga sejak awal sudah mengaskan bahwa NKRI harga mati, dan Pancasila sudah final,” tegasnya.

Mendukung Presiden

Mantan ketua Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Jawa Tengah ini menyatakan sikap mendukung posisi presiden. Apa pun yang dilakukan Jokowi, katanya, sepanjang untuk kemaslahatan umat, NU dan para kiai akan mendukungnya. Bagi NU, kesejahteraan umat adalah segala-galanya.

“Meskipun mendukung penuh, NU akan tetap memantau atau mengontrol berjalannya pemerintahan Kita akan mencegah tindakan-tindakan yang inkonstitusional yang dilakukan oleh Presiden. Karena negara ini negara hokum, maka presiden dalam menjalankan pemerintahan harus berlandaskan hukum,” terangnya.

Kiai Abu yang hadir bersama jajaran pengurus PWNU Jateng meyatakan, selama presiden berada di jalur hukum akan didukung. “Soal pergantian menteri, soal kebijakan hukuman mati, asal berada pada jalur hukum yang benar kami akan mendukungnya,” tandasnya. [Cep/002]