Anak Muda NU Solo Diskusi Pendidikan Tanah Air

0
1252
[Foto: http://2.bp.blogspot.com]

Solo, nujateng.com- Sejumlah anak muda NU di Kota Solo, menggelar diskusi yang membahas persoalan pendidikan di Tanah Air. Kegiatan yang diikuti para kader IPNU, IPPNU, dan PMII tersebut digelar di Kantor NU Surakarta Jl Honggowongso.

Menurut Ketua PC IPNU Surakarta, Bintang Aji Permana, kegiatan diskusi
ini diadakan untuk meningkatkan rasa kepekaan terhadap pendidikan bangsa, maka kegiatan diskusi ini diharapkan dapat menumbuhkan jiwa kekritisan dalam berwacana dan berdialektika.

“Kegiatan ini bukan hanya untuk mempererat tali persaudaraan antar sesama warga NU, namun juga untuk meningkatkan rasa kepekaan kita terhadap berbagai persoalan yang ada di masyarakat,” terang Bintang, usai kegiatan diskusi, Rabu (1/4).

David Zainuddin, narasumber pertama dalam diskusi bertema “Wajah Ironis Pendidikan dan Dilema Mutu Pembenahan Kurikulum” tersebut, mengutarakan pandangan retorikanya secara induktif berkaitan dengan tema yang disinggung.

Menurutnya permasalahan pendidikan tidak terlepas hanya dari salah satu unsur yang dominan, yakni kurikulum, namun juga harus ditopang dari sudut pandang yang lain.

“Kurikulum yang didasarkan pada falsafah dan kependidikan seharusnya berjalan selaras terhadap kebutuhan dan cita-cita negara demi terwujudnya dunia pendidikan yang mapan,” kata Ketua PC PMII Kabupaten Sukoharjo itu.

Selain itu, David juga menekankan pentingnya, pemerataan pembangunan sekolah dan pembinaan guru secara intensif.

Di akhir acara, para peserta diskusi saling mengutarakan pandangannya terhadap persoalan yang dibahas. [Ajie Najmuddin/002]