PW Lakpesdam Gelar Diskusi Bulanan

0
659

Semarang, nujateng.com- Pengurus Wilayah Lembaga Kajian dan Pengembangan Sumberdaya Manusia (Lakpesdam) Nahdlatul Ulama (NU) Jawa Tengah, menggelar diskusi bulanan tentang masalah sosial dan agama, utamanya yang terjadi di Jawa Tengah. Tema diskusi kebanyakan disarikan dari tugas-tugas akhir, baik tesis maupun disertasi dari pemateri.

“Salah satu tugas Lakpesdam memang melakukan kajian dan mendiseminasikannya. Karena kami sadar bahwa secara kelembagaan Lakpesdam belum bisa melakukan kajian sendiri, maka kami mengundang para peneliti dan akademisi untuk menyebarluaskan hasil penelitiannya,” ungkap Sekretaris PW Lakepsdam NU Jawa Tengah, Tedi Kholiludin.

Alumnus program doktoral Sosiologi Agama Universitas Kristen Satya Wacana (UKSW) ini mengatakan bahwa di tahun 2015 ini, Lakpesdam akan menyediakan ruang sebar gagasan bagi kajian-kajian sosial-agama.

“Jawa Tengah itu kan, objek penelitian yang sangat menarik. Kita nanti banyak mengkaji sisi ekspresi keberagamaan masyarakat Jawa Tengah dengan segala kekhasan serta keunikannya. Saya kira, Lakpesdam memang harus mengambil posisi yang berbeda dengan lembaga-lembaga kajian lain di PWNU,” tambah aktivis di Lembaga Studi Sosial dan Agama (eLSA) tersebut.

Tedi mengatakan bahwa selama ini, banyak sekali peneliti-peneliti NU atau peneliti tentang NU yang telah memperkaya teori-teori sosial. Tapi, ruang eksplorasinya masih sangat terbatas, terutama di kalangan NU. “Inilah letak strategis dari Lakpesdam saya kira,” terang Tedi, yang juga pemimpin redaksi www.nujateng.com.

Pada bulan Maret ini, Lakpesdam mengagendakan diskusi bertema “Media Islamis, Politik Identitas dan Pasar Ekonomi di Solo,” pada Hari Minggu, 29 Maret pukul 16.00. Diskusi akan menghadirkan Anas Aijudin, Mahasiswa Program Doktor Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Kalijaga Jogjakarta. Aula Kantor eLSA di Perum Bukit Walisongo Permai akan menjadi tempat dilaksanakannya diskusi tersebut. [Adv/001]