Lakpesdam Klaten Adakan Seminar Deradikalisasi

0
805
Siswa-siswi SMA Negeri 3 Klaten khidmat mendengarkan pemateri dalam seminar “Mengurai Islam Rahmatan Lil ‘Alamin Dalam Rangka Deradikalisasi Atas Nama Agama Bagi Generasi Muda di Klaten” (28/2). [Foto: Ajie Najmuddin]

Klaten, nujateng.com- Lakpesdam NU Klaten dan Lembaga Kajian Pemikiran Islam Darul Afkar (eLKAPIDA) mengadakan seminar dengan tema “Mengurai Islam Rahmatan Lil ‘Alamin Dalam Rangka Deradikalisasi Atas Nama Agama Bagi Generasi Muda di Klaten” di GOR SMA Negeri 3 Klaten, belum lama ini (28/2).

Seminar tersebut mendatangkan tiga pembicara, DR. Syamsul Bakri (PCNU Klaten), KH. Drs. M. Dian Nafi’, M.Pd. (Wakil Rais Syuriyah PWNU Jateng), dan Drs. Yusup Rohmadi, M.Hum. (Dosen IAIN Surakarta).

Dalam kesempatan tersebut, dipaparkan narasumber pertama, DR. Syamsul Bakri, mengungkapkan bahwa generasi muda harus peka terhadap sekelompok orang yang gemar mengkafirkan dan menganggap sesat karena kelompok ini adalah kelompok ekstrim dan radikal atas nama agama.

“Kelompok ini harus dihindari karena akan memunculkan konflik dan tidak mencerminkan Islam sebagai rahmat untuk seluruh alam,” tegasnya.

Senada dengan DR. Syamsul Bakri, Drs. Yusup Rohmadi, M.Hum. mengungkapkan bahwa generasi muda harus menyibukkan diri dalam hal yang positif serta mempelajari agama kepada orang yang terpercaya sehingga tidak terpengaruh oleh penafsiran tekstual yang radikal.

“Sekolah pun juga harus peka terhadap banyaknya gerakan radikalisme atas nama agama yang menyusup secara diam-diam ke berbagai sekolah,” terangnya.

KH. Dian Nafi’ menambahkan bahwa perlu meningkatkan kajian terhadap sistem pemerintah NKRI. “Sejarah terbentuknya Piagam Jakarta yang tidak terlepas dari Piagam Madinah, serta para pejuang kemerdekaan juga merupakan para pemuka agama,” ungkap Pengasuh Pesantren Al Muayyad Surakarta itu. [Ajie Najmuddin/002]