Empat Resep Membentuk Anak Soleh

0
1331
KH Mukhlisin Dawam. [Foto: Ajie Najmudin]

Solo, nujateng.com- Setiap orang tua pasti mendambakan memiliki anak yang soleh dan solehah. Namun, untuk mendapatkannya tidak semudah yang diinginkan. Butuh perhatian dan pendidikan, terlebih di zaman akhir seperti saat ini.

“Dalam al-Quran anak-anak dipanggil dengan tiga sebutan, yakni ‘aduwwun (musuh), fitnah, dan qurrota a’yun (menyenangkan). Tentu kita ingin anak kita termasuk yang ketiga,” terang KH Mukhlisin Dawam, saat mengisi pengajian di Masjid Agung Surakarta, Minggu (28/3).

Para ulama telah memberikan beberapa konsep untuk membentuk anak yang soleh. “Ada empat kunci, agar anak kita menjadi soleh dan solehah. Pertama, yakni dengan memberikan rizki yang halal,” paparnya.

Menurut Ketua Lembaga Dakwah Nahdlatul Ulama (LDNU) itu, tidak cukup hanya dengan memberikan semua kebutuhan anak, tapi mesti dipastikan kehalalannya.

Kedua, anak mesti berada dalam bimbingan guru yang benar. “Seorang guru zuhud yang bisa membimbing anak menjadi tawadlu,” ujarnya.

Kunci ketiga dan keempat yakni, doa kedua orang tua dan ikhlas dalam mendidik anak. “Kalau ada orang tua yang bilang, anak zaman sekarang beda dengan anak dulu. Zaman dulu anak manut, sekarang banyak yang melawan kepada orang tua. Saya katakan, tidak hanya anaknya yang beda, tapi orang tuanya juga. Zaman dulu sehabis maghrib orang tua menemani anak mengaji, sekarang malah ikut nonton sinetron,” sindirnya. [Ajie Najmuddin/002]