Sarung Produksi NU Pekalongan Resmi Diluncurkan

3
1583
Sarung “lbad Aswaja” produk Lembaga Perekonomian Nahdlatul Ulama (LPNU) Kota Pekalongan. [Foto: Abdul Muiz]

Pekalongan, nujateng.com- Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kota Pekalongan membuat gebrakan baru di bidang ekonomi, yakni memproduksi sarung yang selama ini telah menjadi bagian busana pelengkap beribadah bagi umat islam dengan nama sarung “lbad aswaja”.

Diliriknya sarung sebagai andalan NU Kota Pekalongan mengingat jutaan umat Islam khususnya warga nahdliyin tidak bisa lepas dari sarung yang selama ini banyak diproduksi oleh orang lain.

Hal tersebut disampaikan Ketua Lembaga Perekonomian Nahdlatul Ulama (LPNU) Kota Pekalongan, H. Hasanuddin, saat meluncurkan secara resmi sarung “ibad aswaja” sebagai sarung resmi warga nahdliyin, Sabtu (7/2) di Gedung Aswaja Kota Pekalongan berbarengan dengan acara Halaqoh Pemberdayaan Masjid.

Dikatakan, untuk memenuhi kebutuhan warga nahdliyin, pihaknya telah menyiapkan berbagai varian serta corak warna yang tidak kalah dengan sarung yang sudah beredar selama ini.

“Meski kami pemain baru dalam hal produksi sarung, LPNU siap bersaing untuk merebut pasar yang kami lihat masih cukup besar, khususnya di lingkungan NU,” ujarnya.

Saat ini LPNU Kota Pekalongan sedang mempersiapkan produksi sebanyak-banyaknya untuk persiapan Muktamar NU yang akan berlangsung di Jombang Jawa Timur bulan Agustus mendatang, bahkan saat ini beberapa cabang NU di Jawa sudah memesan untuk dipasarkan di wilayahnya.

Langkah cerdas Nahdlatul Ulama Kota Pekalongan memproduksi sarung direspon dan disambut positif Pengurus Besar Nahdlatul Ulama. Pasalnya, mayoritas warga nahdliyin adalah konsumen dan pengguna sarung. Bahkan rata rata tiap tahunnya tidak kurang dari 10 potong yang diperlukan untuk keperluan sehari-hari dan ini adalah pangsa pasar yang cukup menjanjikan.

Ketua PCNU Kota Pekalongan, H. Ahmad Rofiq mengatakan, meski NU bermodal cekak (sedikit-red) dirinya tetap optimis sarung ibad aswaja dapat berkembang dan diminati masyarakat.

Selain sarung, LPNU Kota Pekalongan sebagai lembaga yang bergerak di bidang ekonomi juga memproduksi baju batik motif NU dengan berbagai corak, motif dan warna sesuai kebutuhan warga nahdliyin. [IZ/002]