Diharapkan Peran NU Dalam Mengembangkan Koperasi

0
672
Sambutan: Kepala Dinas UMKM Provinsi Jateng Ir Sujarwanto Dwiatmoko menyampaikan sambutan Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo, pada pembukaan koperasi Al-Hidayat, Minggu (25/1/15). [Foto: Ceprudin]

Semarang, nujateng.com– Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Provinsi Jateng Ir Sujarwanto Dwiatmoko menyampaikan, Nadlatul Ulama (NU) harus berperan dalam membangun Jawa Tengah berbasis Tri Sakti Bung Karno. Salah satunya melalui koperasi simpan pinjam berbasis syariah.

“Bicara soal koperasi, itulah sejatinya membangun ekonomi sesuai kerifan lokal. Namun memang harus ada legalitasnya. Ya seperti ada audit keuangan bagi koperasi yang omsetnya lebih dari 5 miliar. Ini juga harus terdaftar di pemerintah,” katanya di sela pembukaan koperasi Al-Hidayat di Ungaran, Minggu (25/1/15).

Hematnya, Koperasi memiliki aspek sosial, demokratisasi, serta budaya lokal. Jadi, insan koperasi sejatinya bisa menjadi contoh berbasis demokrasi. Karena itu ia mendukung penuh gerakan koperasi dan kesadaran masyarakat untuk berkoperasi.

“Ini juga sangat berharap bisa menyerap tenaga kerja. Jika telah mampu demikian maka sangat mulia, karena membantu pemerintah dalam mengentaskan kemiskinan. Dengan begitu, kemiskinan semakin terkurangi,” harapnya.

Dalam bertransaksi, katanya, lebih penting lagi menjauhkan dari unsur ribawi. Ia berpesan supaya sistem yang sudah baik hendaknya dijaga, dan yang masih kurang dari sistem koperasi harus diperbaiki.

“Mari kembangkan koperasi untuk menunjang Jawa Tengah yang berdikari. Sejatinya memang koperasi itu akan berhasil jika selalu ada kejujuran dan kerja keras. Spirit ini ada di Pondok Pesantren,” tandasnya, yang ketika itu membacakan sambutan Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo. [Ceprudin/002]