3.500 Pramuka Siap Ikuti Perkemahan Penggalang Ma’arif NU

0
1412
Logo LP Ma’arif NU. (Foto: maarifnucilacap.or.id).

Jakarta, nujateng.com- Perkemahan Penggalang Ma’arif NU Nasional (Pergamanas 2015) akan dibuka secara resmi mulai besok 08-12 Januari 2015, di Pondok Pesantren Khos Kempek Cirebon, Jawa Barat, dengan tema “Sako Ma’arif Bersatu, Berkarya, Membangun Karakter”.
Adhyaksa Dault (Ketua Kwarnas Gerakan Pramuka) mengatakan  “NU itu artinya Nusantara Utuh”. Ia mengapresiasi peran dan nilai-nilai yang didakwahkan NU selama ini dalam menjaga keutuhan NKRI. Menurutnya, tahun 2015 dan seterusnya adalah tahun-tahun di mana SDM antar negara akan bersaing ketat, dan NU telah memulai 2015 dengan semangat baru, semangat pramuka untuk perubahan.
Ketua PP LP Ma’arif NU, HZ Arifin Junaidi mengutarakan selama perkemahan peserta memperolah pendidikan keislaman yang membumi, yang ramah, santun, bernilai tinggi serta sesuai dengan nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila dan UUD 1945. “Pembangunan karakter seperti itu  ada dalam setiap Gerakan Pramuka Ma’arif NU, dengan berbagai proses pendidikan yang menyenangkan”, ungkap Arifin.
Sementara itu Ketua Panitia kegiatan, Soleh Abwa menjelaskan peserta Pergamanas adalah anggota pramuka tingkat penggalang di lingkungan Lembaga Pendidikan Ma’arif NU, tingkat MTs dan SMP se-Indonesia yang berjumlah 3.500  peserta, dengan perincian dari Provinsi Jawa Barat 454 orang dan peserta dari Aceh hingga Papua 3.039 orang. Tari Topeng , Sintren dan beberapa kesenian Cirebon akan tampil dalam pembukaan acara tersebut.
Akan hadir memberikan materi selama perkemahan beberapa menteri Kabinet Kerja RI diantaranya: Anak Agung Gede Ngurah Puspayoga, Puan Maharani, Khofifah Indar Parawansa, Hanif Dhakiri, Imam Nahrawi, Marwan Ja’far, Prof. Dr. M. Nasir, Yohanan Yambise, Nila F Moeloek, Siti Nurbaya Bakar, Anies Baswedan, Lukman Hakim Saefuddin, Amran Sulaiman, Rudiantara, Arief Yahya, dan yang lainnya. [Hariqo Wibawa Satria/002]