Hadapi ISIS, Banser Siapkan 50 Ribu Anggota

0
740
Foto: detik.com

Semarang, nujateng.com- Sebanyak 50 ribu kader Barisan Ansor Serba Guna (Banser) di Jawa Tengah disiapkan untuk menghadapi seruan perang pengikut Negara Islam Syiria dan Irak (ISIS). Mereka dipersiapkan untuk menghadapi ancaman ISIS yang sewaktu-waktu mempengaruhi wilayah Jawa Tengah.

“Di Jateng, ada sekitar 50.000 anggota Densus 99 Asmaul Husna yang disiapkan,” ujar Kepala Satuan Koordinator (Banser) Wilayah Jawa Tengah, Hasyim Asyari, di Kantor Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama’ Jalan Dr Cipto 180 Semarang, Sabtu, 27 Desember 2014.

Dikatakannya, jumlah tersebut tersebar di 35 kabupaten/kota di Jawa Tengah.  Banser telah bersepakat untuk berperang dan mengawasi pergerakan ISIS di masing-masing daerah di Jawa Tengah.

Ancaman ISIS seperti diketahui, telah melanda beberapa wilayah di Jawa Timur. Dia menenggarai ada wilayah semisal Lamongan, Banyuwangi, Malang, dan Kediri telah muncul gerakan-gerakan radikal.

”Kami belum bisa memastikan apakah mereka ISIS atau hanya kelompok redikal. Kami minta Densus 99 agar bisa mencermati,” tambahnya.

Banser sendiri berposisi sebagai pengawal Negara Kesatuan Republik Indonesia. Mereka tak ingin ada kelompok yang mengatasnamakan Islam merongrong NKRI. Apalagi ISIS telah mengeluarkan pernyataan melalui Youtube untuk menghancurkan Banser, serta TNI dan Polri.

Sebelumnya, Kepala Satuan Koordinasi Nasional (Satkornas) Banser, Alfa Isnaeni mengatakan  pihaknya menyatakan kesiapannya menghadapi ISIS. kesiapan itu secara khusus menanggapi seruan dari pengikut ISIS, Abu Jandal Al Yamani Al Indonesia alias Salim Mubarok Attamimi melalui media sosial Youtube. Untuk menghadapi ISIS, dan kelompok teroris, Banser telah memiliki Datasemen Khusus.  Densus itu diberi sebutan Densus 99 Asmaul Husna, di mana anggotanya tersebar dari Pusat, hingga desa.

Densus 99 diklaim memiliki anggota Ribuan orang, di mana akan sangat cukup untuk memerangi kontak fisik dengan anggota ISIS di Indonesia. ”Densus 99 Asmaul Husna angotanya ribuan orang. Kami siap digerakan menghadapi ISIS,” tambahnya. [Nazar Muhammad/001]