Menjalankan Program Sebagai Sarana Belajar

0
790
KH Abbas Muin

Jakarta, nujateng.com- Sebagai bagian dari organisasi sosial masyarakat, Nahdlatul Ulama (NU) tentu saja berinteraksi dengan kelompok sosial lainnya. Kunci dari setiap relasi itu adalah kepercayaan. NU, tak hanya berelasi dengan institusi di dalam negeri, tapi juga luar negeri. Banyak program yang dikerjakan oleh NU mendapatkan donasi dari berbagai pihak.

“Agar terus mendapatkan kepercayaan, maka kerjakan semua hal dengan baik. Pedomannya adalah workplan dan SOP (standard operating procedure, red). Minimal, tidak melanggar SOP,” ungkap KH. Abbas Mu’in, Ketua Pengurus Besar NU di Jakarta, Rabu, 26/11. Kyai Abas menyampaikan hal demikian, karena sekarang NU banyak mendapatkan kepercayaan untuk menjalankan kerja-kerja sosial.

Program yang baik, sambung Kyai Abbas akan sangat tergantung dari perencanaannya. Jika dirancang dengan baik, maka program juga akan berjalan dengan baik. “Nah, kalau kita berhasil menjalankan program, orang NU akan laku dimana-mana. Tidak usah khawatir,” terang sesepuh asal Banyumas optimis.

Meski demikian, Kyai Abbas mengingatkan bahwa menjalankan program itu jangan diniati semata-mata karena materi. Lebih dari itu, program adalah sarana warga NU untuk belajar, dari yang tidak tahu menjadi tahu. [T-Kh]