Jatim Respon Kesiapan Tuan Rumah Muktamar

0
716

Semarang, nujateng.com- Dari tiga provinsi yang digadang menjadi tuan rumah Muktamar Nahdlatul Ulama (NU) Tahun 2015, Jawa Timur paling cepat merespon. Rencananya, tempat akan dipusatkan di beberapa pesantren besar di Kabupaten Jombang.

”Waktu Munas dan Konbes NU di Jakarta ada rencana di tiga tempat untuk jadi tuan rumah muktamar. Dari tiga tempat yang sudah menyatakan kesiapan itu, kemudian Jatim yang sudah merespon kesiapan itu,” tutur Ketua PWNU Jateng, H Abu Hapsin, Ph.D, Kamis (19/11/14).

Abu menyampaikan itu sesuai dengan pemberitaan di media masa. Hal itu sebagaimana yang disampaikan Wakil Gubernur (Wagub) Jatim, yang juga salah satu Ketua PBNU, Saifullah Yusuf (Gus Ipul), dalam acara memperingati dua tahun Jalan Gus Dur dan anugerah pahlawan nasional untuk KH Abdul Wahab Chasbullah di Jalan Gus Dur, Jombang, Sabtu (15/11) malam.

Investigasi

“Kabarnya di media, Jatim sudah merespon dan menyatakan kesiapan untuk menjadi tuan rumah. Mungkin bisa di Jatim, tapi tidak menutup kemungkinan juga di dua tempat yang semula sudah menyatakan siap,” sambung Abu.

Meskipun demikian Abu masih menunggu kabar dari PBNU. Pasca Munas dan Konbes, 4 November 2014 PBNU membuat tim investigasi untuk mengetahui sejauh mana kesiapan tiga tempat tersebut. Tiga tempat tersebut yakni Jawa Timur, Sumatra Utara (Sumut), Nusa Tenggara Barat (NTB).

“Sampai sekarang PBNU masih melakukan penelitian kepada tiga tempat itu. Kalau NTB yang dianggap layak akan disana. Jadi belum dipersiapkan dan dipastikan, baru investigasi,” tandasnya. [Ceprudin]