Bupati Purworejo Ajak NU Kembangkan Agribisnis

0
612
Mengajak NU: Bupati Purworejo KH Makhsun Zein MA sambutan dengan mengajak NU bersama-sama dengan pemerintah untuk mengembangkan agribisnis. Foto: Ceprudin.

Purworejo, nujateng.com- Bupati Purworejo KH Makhsun Zein MA mengajak ormas Nahdlatul Ulama (NU) untuk mengembangkan agribisnis. Alasan Bupati menggandeng NU, karena pertanian agribisnis ini berada letaknya di pedesaan.

“Warga NU kebanyakan tinggal di pedesaan. Pekerjaanya mayoritas ke sawah. Karena itu, saya mengajak warga NU untuk membantu pemerintah dalam mengembangkan agribisnis di Purworejo,” tuturnya, Minggu (23/11/14).

Bupati menyampaikan itu pada sambutan pembukaan Konferensi Cabang (Konfercab) NU Kabupaten Purworejo. Konfercab ini berlangsung di Pondok-Pesantren Al-Iman, Desa Bulus, Kecamatan Gebang. Hadir pada kesemapatan itu Ketua Tanfidziyah PWNU Jateng, H Abu Hapsin Ph.D dan Sekretarisnya Dr. M Arja Imroni.

Hadir pula Kapolres Purworejo AKBP Roma Hutajulu MSi, Ketua DPRD Purworejo Ir. Luhur Pambudi, Ketua MUI setempat KH Abdullah Syarkowi, Sekda Drs Tri Handoyo MM, Camat Gebang Khusairi, dan Kapolsek Gebang AKP Sutoyo, serta segenap pengurus MWC, Ranting dan para ulama se-Purworejo.

“Ini hasil penelitian, memang secara geografis Purworejo sangat cocok jika mengembangkan agribisnis. Program NU selama ini sangat sinergi dengan program Pemda Purworejo. Soal agribisnis ini kami minta kepada NU untuk percepatan pembangunan. Supaya terus diperjuangkan,” pintanya.
Perkebunan
Menurutnya, peran NU sangat vital dalam mengembangkan perekonomian desa. Melalui NU, katanya, program agribisnis akan cepat mengena kepada masyarakat. Hal itu karena warga NU sudah terbiasa mengelola perkebunan.

Ketua Tanfidziyah PWNU Jateng H Abu Hapsin, dalam sambutanya juga menyambung soal ekonomi. Menurutnya, perekonomian amat penting untuk meningkatkan kesejahteraan rakyat.

“Soal ekonomo, ulama-ulama Nusantara juga sudah memikirkannya. Entah melalui perkebunan, perdagangan, koperasi, ulama-ualam NU sejak lama berkecimpung di dalamnya. Karena itu, apa yang dilakukan pendahulu kita, harus ditiru dan diamalkan untuk kesejahteraan rakyat,” tandasnya. [Ceprudin]